Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, mengoptimalkan pompanisasi untuk mengatasi kekeringan sehingga tanaman padi bisa diselamatkan untuk menghasilkan produksi pangan masyarakat di daerah itu.

"Semua lokasi yang mengalami kekeringan disebar bantuan pompanisasi itu," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak Dede Supriatna di Lebak, Selasa.

Penyaluran bantuan pompanisasi itu guna mengamankan produksi pangan agar tidak menimbulkan puso atau gagal panen.

Sebab, tanaman padi yang mengalami kekeringan antara usia tanam 15-30 hari setelah tanam.

Berdasarkan laporan areal persawahan di Kabupaten Lebak yang mengalami kekeringan tercatat 1.243 hektare tersebar di Kecamatan Wanasalam, Malingping, Maja dan Cihara.

Baca juga: Distanbun Lebak mengaku belum tetapkan tanggap darurat kekeringan

"Kekeringan itu akibat kemarau yang menyebabkan debit air saluran irigiasi menyusut," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pengoptimalan pompanisasi itu dilakukan terhadap petani yang memiliki daerah aliran sungai (DAS), di antaranya Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut, Cilangkahan, dan Cimadur.

Air permukaan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengairan lahan persawahan guna penyelamatan tanam padi yang terjadi kekeringan.

"Kami mengoptimalkan bantuan pompanisasi pada petani hingga jumlahnya mencapai ratusan unit agar menyedot air dari daerah aliran sungai atau embun," ujarnya.

Pepen (50), seorang petani Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, mengaku, sawah miliknya seluas satu hektare yang diperkirakan akhir Juli 2019 panen kini terbantu dengan adanya bantuan pompanisasi.

Saat ini, tanaman padi berusia 95 hari setelah tanam mulai menguning karena mendapat pasokan air sungai yang disedot oleh pompa air tersebut.

"Kami setiap musim kemarau panjang bisa melaksanakan percepatan tanam serentak karena dilakukan pompanisasi itu," katanya.

Baca juga: Pemkab Lebak komitmen wujudkan kota layak anak

Baca juga: Distanbun Lebak terapkan pola tani Bangil

Baca juga: Distanbun Lebak seleksi tenaga pendamping kelompok tani

Baca juga: Distanbun Lebak Jamin Stok Pestisida Cukup

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019