Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendukung mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah tersebut dengan salah satu sasarannya peningkatan kualitas wisata religi. 
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Nanang Supriatna di Serang, Senin, mengatakan sebanyak 30 mahasiswa UGM akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan ini merupakan yang kelima kalinya di Kabupaten Serang. 
 
"Ibu Bupati merasa sangat terbantu dengan KKN UGM yang sudah lima kali, untuk tahun sekarang saya dengan pak Sudaryatmo ada 30 mahasiswa yang sudah kami terima tentunya ini ada tematik khusus untuk di Tanara," ujarnya. 

Baca juga: Mahasiswa KKN UGM di Serang buat program latihan Silat Kaserangan
 
Tujuan kegiatan ini fokusnya masih sama untuk peningkatan wisata religi Syeh Nawawi Al-Bantani. Dimana dalam 40 hari ke depan mahasiswa UGM akan melakukan banyak program yang membantu Pemda tentang pentingnya peningkatan kualitas hidup dan menghargai keilmuan Syeh Nawawi Al-Bantani. 
 
"Pemkab Serang sangat mendukung program dari mahasiswa UGM ini. Dan dapat diteruskan dengan baik agar terbentuk pemahaman masyarakat yang baik untuk bisa terus menjaga nama besar Syeh Nawawi Al-Bantani," ucapnya. 
 
Nanang menyebutkan di Kecamatan Tanara bukan hanya UGM namun juga ada dari Sekolah Tinggal Ilmu Fiqih dan dengan beberapa Universitas di Banten. 

Baca juga: Dibantu UGM, Pemkab Serang majukan wisata religi
 
Dosen Pendamping KKN UGM Sudaryatmo mengatakan, kegiatan KKN di Kecamatan Tanara Kabupaten Serang merupakan yang kelima kalinya sehingga ini sudah masuk tahapan merangkum semua kegiatan yang sudah dilakukan kemudian akan ada finalisasi. 
 
"Kita akan ada program unggulan yakni menginisiasi pembuatan home stay. Dimana home stay di Tanara dibutuhkan karena berkaitan adanya haul Syeh Nawawi yang biasanya ramai pengunjung," katanya. 
 
Kemudian pihaknya juga akan mengadakan festival budaya dalam bentuk lomba koreografi lagu selamat datang Serang. Dimana nantinya akan dijadikan ikon Kabupaten Serang yang akan diikuti warga Kabupaten Serang dalam bentuk video klip dan 10 besarnya akan dilombakan 12 Agustus 2024. 
 
Program dari pemuda bersama PT Chandra Asri berupa penanaman mangrove. Kegiatan itu untuk melindungi sepadan pantai karena di Tengkurak ada abrasi. 
 
"Kegiatan pendampingan masyarakat di Tanara bisa dirasakan masyarakat dan Pemda. Diharapkan kegiatan KKN tersebut bisa jadi role model kegiatan pendampingan masyarakat di Kabupaten Serang," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang usulkan dua lokasi PAS AMAN ke Pemprov Banten

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024