Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mengusulkan dua lokasi untuk dijadikan sebagai kegiatan pasar pangan segar aman (PAS AMAN) 2024 di wilayah itu ke Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten selaku tim pembina. 

Kepala DKPP Kabupaten Serang Suhardjo di Serang Senin, mengatakan dua lokasi yang diusulkan sebagai PAS AMAN 2024 itu adalah Pasar Kragilan dan Pasar Tirtayasa.

Suhardjo menjelaskan, dalam rangka mewujudkan penjaminan keamanan pangan segar di Kabupaten Serang, pihaknya sebagai OPD yang menangani bidang pangan telah berkolaborasi dengan OPD terkait berupaya mewujudkan program tersebut.

Baca juga: Kodim 0602/Serang sosialisasi budidaya maggot untuk tingkatkan ekonomi

Adapun OPD yang telah berkolaborasi dengan  DKPP Kabupaten Serang yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan instansi lainnya.

"Untuk tahun anggaran 2024 akan ditetapkan satu lokasi sebagai lokasi kegiatan pasar pangan segar atau PAS AMAN Kabupaten Serang," kata Suhardjo. 

Untuk menentukan lokasi tersebut lanjut Suhardjo, pada Mei lalu DKPP Kabupaten Serang bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan serta tim pembina dari Provinsi Banten yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, BPOM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Pekerjaan umum dan Pemukiman Rakyat melakukan survei lokasi calon penerima calon lokasi (CPCL) kegiatan PAS AMAN 2024 di Pasar Kragilan dan Pasar Tirtayasa.

Dari hasil penilaian oleh tim pembina provinsi tersebut akan menjadi dasar penetapan lokasi kegiatan PAS AMAN Kabupaten Serang Tahun 2024.

Baca juga: Jelang penyandingan suara, gudang logistik KPU Kota Serang dijaga ketat

Lebih jauh Suhardjo mengemukakan, pasar rakyat merupakan sentra peredaran utama pangan segar untuk masyarakat. Upaya mewujudkan keamanan pangan sepanjang rantai pangan merupakan share responsibility, keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan keamanan pangan dari hulu sampai hilir sangat penting karena keamanan pangan segar yang diedarkan dan diperdagangkan di hilir ditentukan oleh upaya penjaminan keamanan pangan di sisi hulu. 

Penjaminan keamanan pangan melalui pasar pangan segar aman bersifat integratif dan sinergis mengatur keseluruhan komponen pasar mencakup pengelola, pemasok, pedagang dan konsumen dalam suatu sistem internal sehingga mampu menciptakan pasar rakyat yang bersih nyaman dan mampu menyediakan pangan segar yang aman dikonsumsi. 

Inisiasi jaminan keamanan pangan berbasis komunitas atau lokasi merupakan terobosan Badan Pangan Nasional untuk memberikan jaminan keamanan pangan pada masyarakat utamanya pangan segar yang dijual secara curah.

Untuk mewujudkan hal tersebut badan pangan akan terus membangun sinergi dan kolaborasi dengan lembaga terkait. (ADV)

Baca juga: Pemkab Serang target 231.500 anak dapatkan imunisasi polio
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024