Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Banten menargetkan 231.500 anak dapat imunisasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tingkat Kabupaten Serang.
 
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Serang, Istianah Haryanti, di Serang, Selasa, mengatakan kegiatan PIN Polio dimulai pada 23 Juli 2024 adapun putaran kedua dilaksanakan pada 23 Agustus 2024 diberikan untuk mengejar ketertinggalan atau belum sesuai target selama dua pekan.
 
"Diharapkan pada 23 Juli serentak semua anak berusia 0 sampai 7 tahun itu mendapatkan tetesan PIN polio sehingga tidak harus mengejar anak satu per satu," katanya.

Adapun titik-titik Pos PIN polio di Kabupaten Serang di antaranya di Posyandu, Puskesmas, PAUD, klinik, rumah sakit dan bidan praktek mandiri.
 
"Target cukup tinggi yakni sekitar 231.500 anak itu harus mendapatkan PIN Polio atau mencapai 95 persen dari jumlah tersebut, karena kalau gagal di PIN Polio kita jadi daerah merah dan risikonya sangat tinggi terjadinya kasus polio," katanya.

Baca juga: Tangani stunting, Pemkot Serang bagikan makanan tambahan untuk anak
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan advokasi dan sosialisasi untuk mempersiapkan dan menjaga agar tidak terjadinya kasus polio khususnya di Kabupaten Serang. Sehingga pemerintah pusat memberikan kebijakan untuk melaksanakan PIN polio secara nasional.
 
"Sebanyak 231.500 anak kita persiapkan dengan baik dari Kabupaten Serang untuk mengikuti PIN polio bisa tercapai 95 persen lebih," tegasnya.
 
Pemkab Serang menggerakkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) juga secara pentahelix meliputi dari unsur perguruan tinggi, perusahaan, media dan masyarakat semua bergerak dengan baik. Upaya itu sudah terbukti pada Tahun 2023 bisa dilaksanakan dengan baik.
 
"Pada PIN polio 2024 ini sama halnya tercapai dengan baik. Kita gerakkan semua potensi yang kita miliki sampai ke tingkat bawah dimulai dengan diberikan pembinaan," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang gelar pelatihan dan pemasaran keramik

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024