Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar pelatihan keahlian membuat keramik dan pemasaran yang bekerja sama dengan Kyomi Ceramic.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Casanah, di Serang, Selasa, mengatakan program ini sudah berjalan selama dua tahun melalui perjanjian kerja sama antara Pemkab Serang dan Kyomi Ceramic.
 
"Saya beserta jajaran Pemda Kabupaten Serang khususnya Diskoumperindag melakukan kerja sama dengan Kyomi Ceramic untuk melatih masyarakat Kabupaten Serang dalam peningkatan pembuatan keramik atau gerabah yang ada di Kabupaten Serang," katanya.

Baca juga: Kampung Seni Yudha Asri gelar tradisi ngaruwat bumi
 
Pelatihan yang diberikan saat ini merupakan tahun kedua sama halnya seperti pelatihan untuk pengembangan batik Kabupaten Serang, dan pengembangan anyaman bambu.
 
"Ini juga salah satunya yaitu untuk meningkatkan UMKM di bidang pengembangan keramik," katanya.
 
Selain membuat bentuk keramik warga juga harus memahami strategi pemasaran yang berkembang saat ini, agar dapat meningkatkan perekonomian dengan menggali kemampuan-kemampuan yang ada di masyarakat Kabupaten Serang.
 
"Pengembangan keramik di Kabupaten Serang sangat mempunyai potensi karena bahan baku yang cukup baik. Maka dengan dilatih dari tangan ahlinya kita berharap masyarakat Kabupaten Serang bisa di bawa lebih maju lagi di bidang keramik," katanya.

Baca juga: Orang tua siswa di Kota Serang keluhkan PPDB sistem zonasi
 
Sementara itu, Sekretaris Diskoumperindag Kabupaten Serang Shinta Asfilian Harjani, mengatakan pelatihan membuat keramik dan gerabah ini diikuti oleh 20 orang dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang.
 
"Pelatihan merupakan salah satu wujud nyata komitmen pemerintah daerah, untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat di bidang industri kreatif khususnya di kerajinan keramik," ujarnya.
 
Menurutnya keramik bukan hanya produk, akan tetapi juga karya seni yang mempunyai nilai estetika dan ekonomi tinggi. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dalam membuat keramik yang berkualitas.
 
"Selain itu pelatihan ini juga dapat memberikan wawasan baru tentang potensi pasar dan strategi pemasaran produk keramik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang," katanya.

Baca juga: Gubernur Banten sebut kolaborasi mampu turunkan angka stunting

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024