Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang fokus pada bangunan infrastruktur dan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) pada Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Raperda APBD) 2025.
 
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, di Serang, Kamis, mengatakan untuk penyerapan APBD 2025 masih fokus pada layanan dasar yakni pembangunan infrastruktur, Puspemkab Serang, pendidikan dan kesehatan.
 
“Fokusnya masih di infrastruktur, puspemkab, pembangunan kantor desa, puskesmas dan kecamatan. Kemudian untuk pendidikan seperti biasa beasiswa masih ada dan pelayanan kesehatan lebih ke perbaikan kantor kecamatan, desa dan kecamatan," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang fokus tingkatkan PAD lewat kerja sama antar instansi
 
Tatu mengaku, selalu menyampaikan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk realistis tidak boleh terlalu minimalis, tidak diperbolehkan juga memasukkan angka yang tidak realistis karena nanti ketika tidak tercapai akan menyulitkan di pembelanjaan.
 
"Nanti akan ada refocussing belanja sehingga harus betul-betul targetnya optimal tapi realistis, supaya ketika slot belanja tidak berubah lagi," katanya.
 
Tatu memaparkan, untuk Raperda APBD 2025 target paling lambat pada 1 Oktober 2024 angkanya sama seperti pada KUA PPAS atau Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara merupakan dokumen penting dalam penyusunan APBD.
 
"Yang di KUA PPAS pembahasan sebesar Rp2,95 triliun di pembahasan karena nanti ada dari dana alokasi khusus (DAK) fisik, dana alokasi umum (DAU) dan yang lainnya jadi pembahasan masuk," paparnya.

Baca juga: Bupati Serang raih penghargaan Merdeka Awards 2024
 
Sedangkan untuk Program Bantuan Gubernur Banten, informasinya dihapuskan. Namun, kata Tatu, untuk pembangunan Puspemkab Serang harus tetap diselesaikan menggunakan APBD lantaran penyerahan asset kepada Pemkot Serang terus dilakukan secara bertahap.
 
"Jadi kita setiap tahun wajib itu menjadi prioritas pembangunan puspemkab supaya OPD juga bisa cepat pindah," tuturnya.
 
Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto mengatakan seharusnya untuk APBD Tahun 2025 merealisasikan program Bupati Serang yang baru namun belum bisa di realisasikan karena belum ada.
 
“Untuk APBD Tahun 2025 masih meneruskan program yang sebelumnya belum tercapai periode Ibu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Serang terima penghargaan dari PMI Pusat

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024