Masyarakat dari keluarga miskin di Kabupaten Lebak, Banten, kembali menerima bantuan beras sebanyak 10 kg melalui program pangan yang digulirkan Badan Pangan Nasional (Bapanas).
 
"Kami senang setiap bulan menerima bantuan beras 10 kilogram, sehingga meringankan beban ekonomi keluarga," kata Rohman (45), warga Rangkasbitung, di Kabupaten Lebak, Kamis.
 
Program pangan yang digulirkan Bapanas sangat membantu bagi masyarakat miskin di Kabupaten Lebak, terlebih harga beras medium di atas Rp12.500/kg.
 
Saat ini, ia menerima bantuan beras 10 kilogram, sehingga bisa memenuhi ketersediaan pangan keluarga.
 
"Kami dengan dua anak dan istri selama tiga pekan tidak membeli beras," kata Rohman yang sehari-hari bekerja sebagai penjahit sepatu atau sol keliling itu.

Baca juga: Bapanas dorong Bulog optimal serap gabah petani untuk pasok bantuan pangan
 
Ia mengaku sejak pagi pukul 06.00 WIB sudah tiba di Kantor Kelurahan MC Timur Rangkasbitung dengan jarak tempuh dua kilometer dari rumah berjalan kaki.
 
"Kami pukul 08.30 WIB menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram dan cukup melelahkan hingga 2,5 jam mengantre dan berjalan kaki ke rumah dua kilometer," katanya.
 
Begitu juga warga lainnya, Odah (55) warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak mengatakan pihaknya menerima bantuan program pangan itu sejak Januari hingga Agustus 2024, sehingga dapat memenuhi ketersediaan pangan keluarga.
 
Bahkan, dia sama sekali tidak membeli beras di pasar, karena konsumsi pangan keluarga telah tercukupi dengan bantuan tersebut. "Kami sangat terbantu dengan menerima beras 10 kilogram itu," kata Odah.

Baca juga: Bapanas uji "sampling" pangan di Kota Tangerang
 
Sementara itu, Kepala Bulog Subdivre Pandeglang-Lebak Agung Trisakti mengatakan selama ini pendistribusian program pangan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Lebak dan Pandeglang berjalan lancar.
 
Penyaluran program pangan didistribusikan setiap bulan hingga ke desa/kelurahan, sehingga dapat memenuhi ketersediaan pangan masyarakat.
 
Kualitas beras yang didistribusikan selama ini relatif bagus, sehingga tidak ada komplain dari penerima program pangan.
 
"Kita mendistribusikan program pangan untuk wilayah Lebak - Pandeglang sekitar 2.800 ton/bulan," katanya.
 
Kepala Bidang Distribusi dan Sumber Daya Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Benu Dwiyana mengatakan masyarakat miskin yang mendapatkan bantuan program pangan sebanyak 10 kilogram beras dari Bapanas itu tercatat 171.127 KPM.

Baca juga: Pemkab Lebak jamin KPM tiap bulan terima program pangan

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024