Kota Tangerang kembali menjadi tuan rumah pada ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2024 yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn mulai hari ini, Kamis hingga 4 Agustus.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin turut hadir menyaksikan penampilan perlombaan marching band terbesar tersebut. Dr. Nurdin menyampaikan, acara ini dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan juga perputaran ekonomi bagi pelaku bisnis di Kota Tangerang.

"Hari ini Kota Tangerang kembali menghadirkan acara yang cukup meriah yaitu IDCI dengan peserta dari Indonesia dan juga berbagai negara lain. Kami sudah cek, hotel-hotel juga penuh dan pastinya akan berdampak pada yang lain seperti UMKM. Lalu, kami juga sudah menyiapkan Calendar of Events di Kota Tangerang yang berisi aktivitas atau event yang ada di Kota Tangerang baik event wisata, budaya, dan olahraga. Itu semua menjadi upaya kami agar Kota Tangerang menjadi kota yang layak dikunjungi," ungkapnya.

Baca juga: 3.000 peserta ikuti kompetisi drum internasional di Tangerang

Presiden IDCI, Hari Doyo Sugianto mengungkapkan, ada sebanyak 32 tim yang berkompetisi pada IDCI 2024. Ada empat negara yang berkompetisi yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong dengan lima kategori street parade, soundsport, drum crops, drumline battle dan flag ensamble.

"Indonesia diwakili oleh 29 tim dari berbagai daerah seperti Kota Tangerang, Bandung, Bekasi, hingga Kalimantan Timur. Tahun depan mudah-mudahan kami bisa membuat yang lebih meriah dengan berbagai tambahan negara dari luar Indonesia seperti Jepang hingga Sri Lanka. Kota Tangerang kali ini dipilih kembali karena aksesnya yang mudah dekat dengan bandara dan hotel-hotel hingga fasilitas lainnya yang mumpuni. Setelah ini, kami akan evaluasi dan lihat apakah tahun depan dapat dilaksanakan kembali di Kota Tangerang," ujarnya.

Representasi Drum Corps International, John DeNovi menuturkan, kerja sama IDCI dan DCI selama 10 tahun berjalan dengan sangat baik. Ia juga menyatakan bahwa penampilan yang dilakukan oleh para peserta cukup memukau.

Baca juga: Kementerian Kesehatan lakukan akreditasi UDD PMI Kota Tangerang

"Sejak 2015 kami sudah berkolaborasi dan saya tidak menyangka bahwa kerja sama antara DCI dan juga IDCA berjalan dengan baik dan bahkan mungkin akan lebih baik lagi. Lalu, acara ini akan menjadi salah satu acara terbesar dari kerja sama yang dilakukan oleh DCI, dan kami sangat bangga menjadi bagian acara ini. Sejak awal hingga akhir, sangat menyenangkan melihat para peserta melakukan sesuatu yang mereka gemari, bekerja sama dengan tim dan sangat menginspirasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Kaonang mengucapkan terima kasih kepada DCI, IDCA dan seluruh panitia yang telah kembali menggelar IDCI di Kota Tangerang untuk kali kedua. Selanjutnya, apabila dipilih kembali maka Kota Tangerang siap menjadi tuan rumah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya memilih Kota Tangerang, dan kami mendukung penuh seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan di Kota Tangerang. Mudah-mudahan, tahun depan dapat diselenggarakan kembali di Kota Tangerang dan lebih meriah," tutupnya.

Baca juga: Apindo diajak Pemkot gagas program tingkatkan ekonomi daerah.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024