Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui lembaga Prima Husada melakukan akreditasi Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Tangerang Banten, Rabu.

“Di sini kami melihat standar yang harus dipenuhi sesuai aturan Kementerian Kesehatan sehingga untuk menjaga masyarakat yang terlayani disini agar sesuai standar,” kata Ketua Lembaga Akreditasi Prima Husada dr. Purwanto disela kegiatan akreditasi di Tangerang Rabu.

Ia melanjutkan, PMI Kota Tangerang juga harus memperhatikan program prioritas nasional (PPN) yang diimplementasikan sudah sejauh apa.

“Kami melihat semua itu apakah itu sudah sesuai alur, kemudian apakah yang melayani juga sudah kompeten sesuai sertifikasi,” kata dia.

Purwanto pun memberi apresiasi bahwasannya PMI Kota Tangerang merupakan satu-satunya di Banten yang telah di akreditasi. “Untuk di Indonesia baru ada sekitar lebih 40 UDD yang terakreditasi,” katanya.

Baca juga: PMI Kota Tangerang gelar pelatihan kesiapsiagaan hadapi risiko bencana

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Tangerang David Sidabutar menuturkan dua orang petugas lembaga akreditasi Prima Husada melakukan pemeriksaan sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2022.

Adapun yang diperiksa di antaranya sistem pemesanan darah, alur, kapan darah masuk dan keluar, standar operasional prosedur (SOP), sarana dan prasarana serta regulasi semua diperiksa.

“Semua itu di telusuri dalam akreditasi ini yang bertujuan untuk memastikan semua yang kita lakukan sesuai dengan standar regulasi Kemenkes,”tegasnya.

Dari proses akreditasi ini, David berharap UDD PMI Kota Tangerang bisa terus semakin baik dan memiliki darah yang berkualitas.

“Harapan kita bahwa kita melaksanakan perintah PMK 34 tahun 2022, kemudian agar kinerja kita semakin baik setelah kita melalui akreditasi ini, kemudian dengan kinerja yang baik sehingga darah yang kita miliki darah yang berkualitas dan terakhir harapan kita darah yang keluar dari UDD PMI Kota Tangerang adalah darah yang berkualitas,” ujar dia.

Baca juga: PMI apresiasi perusahaan ritel target kumpulkan 25 ribu kantong darah


 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024