Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan apresiasi kepada perusahaan perdagangan ritel yang ikut berkontribusi dalam memenuhi stok melalui kegiatan donor darah dengan target 25 ribu lebih kantong darah.

"Kegiatan donor darah ini sangat membantu PMI Kota Tangerang dalam memenuhi stok darah yang mencapai lima ribu kantong selama sebulan," kata ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah di sela kegiatan donor darah yang digelar salah satu perusahaan ritel di Serpong, Senin.

Oman mengatakan PMI Kota Tangerang saat ini memenuhi kebutuhan darah untuk sejumlah rumah sakit di Jabodetabek, sehingga harus memastikan stok tersedia.

Kolaborasi bersama swasta melalui kegiatan ini sangat penting. Bahkan, PMI Kota Tangerang menjemput bola dengan menggelar kegiatan di berbagai rumah ibadah, pusat perbelanjaan dan fasilitas publik lainnya. "Darah ini sangat berarti bagi pasien yang membutuhkan dan banyak membantu," ujarnya.

Baca juga: Stok menurun, PMI Tangerang gencarkan jemput bola donor darah

Kabid Pelayanan Donor Darah PMI Kota Tangerang Femi Luwita mengatakan tidak semua darah bisa langsung digunakan, karena akan dilakukan pengecekan ada tidaknya penyakit, seperti hepatitis A dan B, HIV/AIDS dan sifilis.

"Kita biasanya melakukan pemisahan, seperti sel darah merah, plasma darah dan trombosit dengan tujuan agar terhindar dari enyakit. Ini kita lakukan untuk kesehatan," ujarnya.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan PMI di 17 kota melaksanakan kegiatan donor darah dengan menargetkan 25.000 lebih kantong darah.

“Kami berkolaborasi dengan PMI di 17 kota untuk melaksanakan kegiatan donor darah setiap hari selama bulan Juli. Ini bentuk kontribusi Alfamart dalam upaya membantu para pasien yang membutuhkan transfusi darah,” ujarnya.

Baca juga: Bantu PMI, personel Polresta Bandara Soetta ikuti aksi donor darah

Ia menambahkan 17 kota yang menggelar kegiatan ini di antaranya Lombok, Bali, Sidoarjo, Jember, Tangerang, Madiun, Makassar, Plumbon, Palembang, Cileungsi, Lampung, Klaten, Cilacap, Banjarmasin, Rembang, Bandung, dan Bogor.

Dalam acara tersebut juga diberikan apresiasi kepada tiga orang Blood Heroes yang tercatat di PMI Kota Tangerang dan paling banyak mendonorkan darahnya. "Ini adalah bentuk apresiasi kami," ujar Solihin.

Salah seorang penerima blood heroes, Elvan Fadhella mengungkapkan kegiatan ini sangat menarik dan menjadi pengalaman tersendiri bagi dirinya.

“Donor darah ini sangat menarik, apalagi jumlah kantong darah yang dikumpulkan mencapai 25.000, maka akan sangat membantu bagi banyak orang yang membutuhkan,” kata Elvan yang sudah 127 kali melakukan donor darah.

Baca juga: Tingkat kesadaran pelajar SMA/SMK di Lebak donor darah tinggi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024