Kepolisian Resor (Polres) Lebak Polda Banten menggelar Operasi Zebra Maung 2023 dengan melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Hukum (Binluh) sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas guna menciptakan keamanan dan kelancaran di jalan raya.
 
Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lebak AKP Fiat Ari Suhada, Kamis, di Lebak, mengatakan, kegiatan Binlu tertib berlalu lintas dengan menjemput bola kepada masyarakat yang terorganisir, seperti masuk ke sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan kalangan industri.
 
Begitu juga kepada masyarakat yang tidak terorganisir pada rekan- rekan angkutan umum maupun pengojek motor untuk memberikan edukasi dan sosialisasi bagaimana cara berkendara yang benar aman, nyaman dengan mengutamakan keselamatan, ketertiban serta kelancaran di jalan raya.

Baca juga: Polres Lebak gencar sosialisasi budaya disiplin berlalu lintas
 
Selama ini, kata dia, kecelakaan lalu lintas masih menyumbangkan cukup tinggi. Namun, kecelakaan lalu lintas itu sangat dinamis karena yang mempengaruhi laka lantas berbagai faktor di antaranya faktor human eror, kendaraan, infrastruktur dan cuaca.
 
"Kami berharap memberikan penyuluhan dan edukasi itu masyarakat dapat lebih memahami untuk mematuhi aturan lalu lintas, sehingga mengurangi angka kecelakaan juga menciptakan lingkungan berlalu lintas yang aman serta lancar," katanya menjelaskan.
 
Ia menyebutkan, selama 10 hari digelar Operasi Zebra Maung tercatat 50 pelanggaran dan didominasi pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI juga di bawah umur.
 
Kemungkinan kasus pelanggaran lalu lintas tersebut terus bertambah hingga sampai 24 September 2023.
 
Operasi Zebra Maung 2023 sasaran di antaranya pengemudi di bawah umur, bermain telepon seluler saat berkendara, berboncengan lebih dari satu orang, dan tidak menggunakan helm SNI. 
 
Petugas melakukan tindakan tegas terhadap pelanggan lalu lintas dengan penilangan secara manual jika terdapat pengendara yang membahayakan pengemudi lain.
 
"Kami mengimbau para pengemudi kendaraan agar patuh dan disiplin berlalu lintas, karena patuh dan disiplin merupakan cerminan budaya bangsa," kata AKP Fiat.

Baca juga: Pemkab Lebak buka lowongan 992 tenaga P3K

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023