Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menggelar deklarasi pemilihan kepala daerah (pilkada) bupati dan wakil bupati Lebak 2024 damai sehingga pesta demokrasi itu berjalan jujur, adil dan rahasia.
 
"Kita minta semua peserta pasangan calon bupati dan wakil bupati komitmen dan mematuhi deklarasi pilkada damai," kata Ketua KPU Kabupaten Lebak Dewi Hartini di Rangkasbitung, Lebak, Selasa.
 
Ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak yang mendeklarasikan pilkada damai di Kantor KPU setempat adalah pasangan calon nomor urut 1 Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya-Amir Hamzah yang diusung PKB, Golkar, PPP, PDI P, Partai Demokrat dan Partai Perindo.
 
Berikutnya pasangan calon nomor urut 2 Dede Supriyadi-Virnie Syafitri dengan pengusung Partai Nasdem dan nomor urut 3 Sanuji Pentamarta-Dita Fajar Bayhaqi yang diusung PKS, Gerindra, Partai Garda Republik Indonesia dan Partai Solidaritas Indonesia.
 
"Kami minta peserta pasangan calon bupati dan wakil bupati serta partai pendukung agar kampanye lancar,tertib dan damai berintegrasi tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA tanpa politik uang," katanya menjelaskan.

Baca juga: Pemkab Lebak terus sosialisasikan Pilkada damai
 
Menurut dia, pada 27 November 2024 semua pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak bersaing secara legal untuk mendapatkan suara dari masyarakat.
 
"Kami yakin pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak itu memiliki niat satu untuk menjaga kedamaian, kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah," katanya menambahkan.
 
Wakil Ketua FKUB Kabupaten Lebak KH Ahmad Hudori mengatakan selama ini masyarakat setempat sangat mencintai pilkada damai karena warga Lebak sangat religius sehingga tidak mengalami konflik.
 
Selain itu juga masyarakat Kabupaten Lebak memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan, kerukunan, keharmonisan juga memperkuat Ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Wathoniyah.
 
Selama ini, kata dia, wilayah Kabupaten Lebak sudah aman, damai dan kondusif. "Kami berharap pilkada damai jujur dan adil," katanya.

Baca juga: Polres Lebak terjunkan 898 personel untuk pengamanan Pilkada 2024

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024