Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Lebak Banten menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat usia lanjut untuk memenuhi ketersediaan pangan keluarga mereka.
 
"Kami berharap penyaluran bantuan sosial itu dapat meringankan beban ekonomi keluarga lansia," kata Kapolres Kabupaten Lebak AKBP Suyono dalam keterangan tertulisnya di Rangkasbitung Lebak, Senin.
 
Dia menjelaskan, Polres Kabupaten Lebak memiliki komitmen untuk membantu masyarakat yang tidak mampu ekonominya , termasuk lansia agar mereka memenuhi ketersediaan pangan keluarga.
 
Bantuan sosial yang disalurkan itu berupa bahan pokok, seperti beras, telur, minyak goreng, terigu, dan lainnya.

Baca juga: Untuk jaga kualitas hidup, ini yang dibutuhkan lansia di masa tua
 
Saat ini, dirinya menyalurkan bantuan sosial itu di Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak hingga puluhan lansia.
 
"Kami secara rutin menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat yang tidak mampu sehingga tidak terjadi kerawanan pangan," katanya.
 
Menurut dia, penyaluran bantuan sosial itu agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi pangan bagi keluarga lansia.
 
Apalagi, saat ini harga bahan pokok di pasaran terjadi lonjakan, terutama harga beras yang semula Rp12 ribu, namun kini menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Baca juga: Kasus TBC di Lebak capai 3.030 orang, 31 diantaranya meninggal
 
Kondisi seperti ini, kata dia, masyarakat yang ekonomi kaya atau berlebih harta agar dapat membantu kepada warga yang kurang mampu.
 
"Kita budayakan saling bahu-membahu untuk membantu sesama agar tidak ada warga yang mengalami kerawanan pangan maupun kelaparan," katanya.
 
Sementara itu, sejumlah warga lansia penerima bantuan sosial warga Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka sangat terbantu ketersediaan pangan keluarganya setelah menerima bantuan bahan pokok dari Polres tersebut.
 
"Kami merasa terbantu untuk ketersediaan pangan keluarga, sehingga tidak membeli beras selama dua pekan ke depan," kata Suryani (65), seorang warga Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak.

Baca juga: Pemkab Lebak siapkan Generasi Emas 2045 dengan cegah stunting

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024