Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengoptimalkan kinerja pelayanan kepada masyarakat sebagai wujud komitmen pengabdian sebagai aparatur negara.
 
"Kita menginstruksikan semua pegawai agar mengutamakan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak Masyhudi di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis.
 
Ia menjelaskan kinerja aparat instansi itu harus baik dibuktikan dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan kepada masyarakat, ujarnya, komitmen sebagai aparatur negara yang harus direalisasikan.

Baca juga: Sambut HUT RI ke-79, Kemenag Lebak ajak masyarakat perkuat persatuan
 
Ia menjelaskan untuk mengoptimalkan kinerja tentunya harus didukung sarana dan prasarana yang representatif, di antaranya pembangunan gedung Kantor Kemenag Lebak.
 
"Kita minta  pegawai di lingkungan Kemenag Lebak berdisiplin untuk meningkatkan kinerja dan jika mereka tidak disiplin maka dikenakan tindakan sanksi," katanya.
 
Menurut dia, kinerja Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), yakni melakukan pembinaan terhadap umat semua agama yang diakui negara.
 
Selama ini, kata dia, pembinaan agama di Kabupaten Lebak berjalan baik, sedangkan kerukunan umat beragama terjaga sehingga terwujud kedamaian dan keharmonisan hidup beragama.
 
Ia juga menjelaskan pembinaan tentang peranan penting pendidikan madrasah, baik madrasah ibtidaiah atau setingkat SD, madrasah sanawiah atau setingkat SMP, dan madrasah aliah (MA) atau setingkat SMA.

Baca juga: Pembekalan pranikah disebut tekan angka kasus perceraian

Selain itu, pembinaan terhadap Kantor Urusan Agama (KUA) untuk mengurusi pernikahan dan pelayanan haji serta umrah.
 
"Kami mengapresiasi pelayanan kepada masyarakat cukup baik dan tidak ada komplain dari masyarakat," katanya.
 
Seorang warga Rangkasbitung, Wulandari (40), mengaku mendapatkan pelayanan haji yang baik dari Kantor Kemenag setempat, antara lain menyangkut daftar tunggu, pemberangkatan, pelaksanaan haji hingga kepulangan ke tanah air.
 
Ia juga menyatakan mendapat pelayanan haji yang baik saat tiba di Mekkah dan terpenuhi kebutuhan konsumsi serta akomodasi.

"Kami merasakan kinerja pelayanan Kemenag sangat baik sehingga pelaksanaan haji berjalan lancar," kata dia.

Baca juga: Warga Lebak kembali terima beras 10 kg melalui program pangan

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024