Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang membuka rekrutmen relawan anggota taruna siaga bencana (tagana) muda secara gratis atau tanpa pungutan biaya.

Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani di Tangerang, Jumat, mengatakan, pendaftaran anggota tagana muda diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP Kota Tangerang dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 45 tahun.

Pendaftaran sudah dibuka dan akan ditutup pada 27 Juli 2024. Dinsos Kota Tangerang mencari pemuda pemudi yang mempunyai jiwa kemanusiaan yang tinggi dan bersedia ditugaskan di daerah bencana.

"Nantinya bisa penugasan di Kota Tangerang maupun luar Kota Tangerang saat dibutuhkan,” kata dia

Baca juga: Pemkot Tangerang berikan insentif anggota Tagana per tiga bulan

Ia melanjutkan, calon tagana muda akan mengikuti diklat dan pembinaan yang akan berlangsung pada 29 - 31 Juli. 

“Tagana muda itu nantinya akan meneruskan tugas tagana yang sudah tidak aktif atau sudah tua. Sehingga rekrutmen relawan baru diharapkan dapat mengisi kekosongan,” jelas Mulyani.

Peserta yang telah aktif sebagai relawan akan diusulkan untuk mendapatkan nomor induk tagana dari Kementerian Sosial setelah melewati waktu dan aturan yang telah ditetapkan.

“Mereka relawan yang memiliki nomor induk tagana dan berhak mendapatkan insentif dari pemerintah pusat maupun daerah,” katanya.

Baca juga: Tagana latih supir ambulans lakukan penyelamatan kondisi darurat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024