Pemerintah Kota Tangerang, Banten memberikan insentif kepada anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang akan dibayarkan per triwulan dengan besaran Rp750 ribu per tiga bulan.

"Alhamdulillah, baru minggu lalu saya menetapkan Keputusan Wali Kota Tangerang terkait pemberian insentif bagi anggota Tagana Kota Tangerang," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana di Aula Dinas Sosial Kota Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan Tagana memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam membantu masyarakat terkait penanggulangan bencana.

Baca juga: Tagana latih supir ambulans lakukan penyelamatan kondisi darurat

Oleh karena itu sebagai bentuk perhatian sekaligus apresiasi atas peran penting Tagana Kota Tangerang, mulai tahun ini para relawan tersebut akan diberikan insentif oleh Pemkot Tangerang.

"Meskipun teman-teman ini adalah relawan, namun perannya sangat penting dan krusial sehingga sebagai bentuk perhatian dari Pemkot, kami rasa insentif ini pantas untuk diberikan, sekaligus sebagai apresiasi atas dedikasi dan kerelaannya dalam membantu masyarakat kota dalam menghadapi bencana," kata dia.

Ia berharap dengan apresiasi dan perhatian dari Pemkot ini, anggota Tagana dapat lebih bersemangat serta lebih siap dan sigap dalam membantu masyarakat saat terjadi bencana.

Baca juga: Lembaga Kesejahteraan Sosial Kota Tangerang ditarget raih akreditasi A

"Pelatihan ini penting untuk mengupgrade kemampuan dan kesiapsiagaan dari para anggota Tagana, sehingga memiliki kompetensi yang sesuai, jangan sampai niat membantu malah jadi dibantu," ujarnya.

Selain melalui pelatihan dan pemberian insentif, Pemkot juga akan senantiasa memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kesiapsiagaan para anggota serta petugas dalam penanggulangan bencana.

"Kita ingin agar secepat mungkin respon dalam menghadapi situasi bencana dan kegawatdaruratan agar masyarakat dapat terus merasa aman dan tenang dalam situasi-situasi tersebut," katanya.

Baca juga: DKP Tangerang distribusikan 329.715 bibit cabai gratis ke masyarakat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024