Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Banten menyebutkan telah mendistribusikan 329.715 bibit cabai gratis kepada masyarakat dalam rangka mendukung Gerakan Menanam Cabai Rawit

"Bibit tersebut dibagikan ke masyarakat umum, Kelompok Wanita Tani (KWT), petani hingga sekolah-sekolah di Kota Tangerang," kata Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang Rabu.

Ia menuturkan melalui unit pelayanan terpadu (UPT) Produksi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kedaung Wetan Neglasari telah menyalurkan 41.515 bibit cabai kepada masyarakat umum Kota Tangerang.

Saat ini, UPT PBTPHP juga telah memproduksi 70.270 bibit cabai yang akan terus dan terus disalurkan secara gratis kepada masyarakat dan kelompok tani.

Lalu di lingkungan sekolah, DKP Kota Tangerang juga telah menyalurkan 252.450 bibit cabai ke 33 SMP Negeri di Kota Tangerang.

Baca juga: Wali Kota Tangerang instruksikan gaungkan gerakan tanam cabai rawit

Adapun rinciannya adalah cabai keriting merah 41.250 benih dan cabai rawit 211.200 benih. "Masing - masing sekolah menerima 1.250 benih cabai keriting merah dan 6.400 benih cabe rawit," katanya.

Kemudian DKP Kota Tangerang juga menyalurkan ke petani di Kelurahan Karanganyar Neglasari dengan 32 ribu benih cabai keriting merah dan petani di Kelurahan Karangsari Neglasari dengan 3.750 benih cabai keriting merah.

"Ini menjadi program unggulan DKP Kota Tangerang selain bazar pangan, untuk menekan inflasi. Kami mengajak masyarakat untuk bercocok tanam beragam jenis pangan secara mandiri atau budi daya ikan untuk pribadi atau penghasilan mandiri," ujarnya.

Baca juga: Pastikan ketersediaan kebutuhan pokok, Pj Gubernur Banten lakukan sidak

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang pun tengah menargetkan Kota Tangerang menjadi salah satu penyuplai cabai di Indonesia. Menjadi kota yang mampu memenuhi kebutuhan cabai, dengan potensi luas lahan pertanian yang cukup luas yaitu mencapai 180,72 hektare.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menginstruksikan kepada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan sejumlah Perangkat Daerah terkait untuk menggaungkan gerakan menanam cabai rawit sebagai upaya pengendalian inflasi daerah.

Ia mengatakan instruksi ini sesuai arahan yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri pada Rakor pengendalian inflasi daerah yang diikuti sejumlah daerah agar Pemda fokus pada ketersediaan komoditi yang paling dicari di pasaran serta mudah dalam penanaman dan perawatannya.

"Maka itu kita gaungkan gerakan menanam cabai rawit dengan memanfaatkan lahan yang ada di Kota Tangerang," kata Pj Wali Kota Nurdin.

Baca juga: Selama 2024, DKP Tangerang bagikan 3.070 bibit tanaman sayuran gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024