Pemerintah Kota Tangerang dan Universitas Yuppentek Indonesia (UYI) memperpanjang kerja sama dan membuka peluang kolaborasi dari berbagai bidang seperti kesehatan hingga penelitian bersama.

“MoU ini bagian dari usaha kita mendorong keterlibatan dunia kampus di dalam membantu Pemerintah Daerah dengan konsep pentahelix, di mana kampus merupakan komponen penting dalam pembangunan daerah," kata Pj Wali Kota Nurdin di sela kegiatan MoU dengan UYI di Ruang Wali Kota Tangerang, Kamis.

Nurdin menambahkan kerja sama ini membuka peluang kolaborasi yang lebih luas antara Pemkot Tangerang dan UYI dalam berbagai bidang. Diharapkan kolaborasi ini dapat menghasilkan program inovatif dan bermanfaat untuk mewujudkan kemajuan Kota Tangerang.

"MoU ini tidak hanya terpaku pada program tertentu, tetapi mencakup berbagai aktivitas yang dapat memberikan manfaat bagi Pemkot Tangerang. Salah satu bentuk kolaborasi yang diharapkan adalah dalam hal praktek kerja lapangan bagi mahasiswa UYI. Kota Tangerang dapat menjadi tempat yang ideal bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang mereka pelajari, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang buka pelatihan Bahasa Inggris kuota terbatas.

Sementara itu Rektor UYI Ati Pramudji Hastuti menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan Kota Tangerang.

“Perpanjangan MoU ini, meskipun hanya selembar kertas, memiliki makna penting bagi Kota Tangerang. Kami berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan kota ini,” kata dia.

Wakil Rektor UYI Bambang Kurniawan mengatakan kerja sama ini lanjutan dari sebelumnya di tahun 2020 hingga 2023. Sebagai tahap awal setelah tanda tangan MoU, mahasiswa memiliki kesempatan untuk menerapkan ilmu yang dipelajari di kampus ke lingkungan Kota Tangerang.

“Jangka pendek, ialah mahasiswa yang dapat melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ditujukan, untuk semakin memberikan pengembangan serta kemajuan bagi Kota Tangerang. Selanjutnya, ialah berkolaborasi dengan OPD lainnya, seperti Dinas Kesehatan untuk penanganan stunting bersama USAID ID,” kata Bambang.

Baca juga: Pemkot Tangerang bangun 20 jembatan pada semester pertama 2024

Universitas Yuppentek Indonesia pun mengapresiasi keterbukaan Pemkot Tangerang, untuk terus mendukung berbagai regulasi, konsep atau mimpi-mimpi universitas. "Sama-sama memajukan Kota Tangerang, khususnya pengembangan kualitas mahasiswa UYI,” kata dia.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti menuturkan Pemkot Tangerang dengan kesepakatan itu, yaitu tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut, dapat semakin memberikan pengembangan serta kemajuan di Kota Tangerang.

“Dipastikan, Pemkot Tangerang akan terus mendukung dan terbuka dengan kolaborasi serta masukan, terutama dari para civitas akademika dan juga para akademisi, dalam hal ini Universitas Yuppentek Indonesia,” katanya.

Baca juga: DKP latih pengolahan pangan bantu orang tua sediakan makanan bergizi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024