Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan meminta jamaah calon haji usia lanjut (lansia) agar menjaga kesehatan dengan baik saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.
 
"Kita berharap semua calon haji asal Lebak itu berjalan lancar melaksanakan ibadah haji dengan kondisi sehat dan selamat kembali ke Tanah Air, sehingga bisa berkumpul bersama anggota keluarga dan menjadi haji mabrur," katanya saat pelepasan keberangkatan 340 calon haji di Gedung Pendopo Pemkab Lebak di Rangkasbitung, Lebak, Jumat.
 
Jumlah calon haji Kabupaten Lebak yang berangkat ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi sebanyak 340 orang, dan mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 29.
 
Baca juga: Pemkab minta calon haji Lebak jalin kebersamaan selama di Tanah Suci.
 
Ia mengingatkan jamaah calon haji lansia agar memperhatikan kondisi kesehatan, sebab pelaksanaan ibadah haji menguras cukup banyak tenaga.
 
Bahkan, di antaranya calon haji lansia menggunakan kursi roda, sehingga diperlukan kekompakan dan saling menolong, terutama kepada jamaah yang muda bisa membantu lansia.
 
Jamaah calon haji lansia, katanya, juga harus dapat mengatur waktu secara baik dan cukup waktu istirahat, karena jika kurang istirahat akan berdampak terhadap stamina dan penurunan kesehatan.
 
Karena itu, pihaknya minta jamaah calon haji lansia mengonsumsi makanan yang mengandung gizi dan vitamin, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup agar kondisinya tetap prima.

Baca juga: 16.623 jamaah calon haji diterbangkan melalui Bandara Soetta
 
Selain itu, calon haji yang memiliki riwayat penyakit agar tetap dalam pengawasan tim medis selama di Tanah Suci.
 
"Kita berharap jamaah yang memiliki riwayat penyakit agar minum obat secara teratur sesuai arahan dokter, jamaah lansia juga dalam pengawasan dan terkontrol kondisi kesehatannya," kata Iwan.
 
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten Nanang Fatchurochman mengatakan untuk kuota keberangkatan haji Banten tahun 2024, sebanyak 10.340 orang yang terbagi ke dalam 27 kloter pemberangkatan dari Embarkasi Pondok Gede, Jakarta.
 
Dari 10.340 orang, lanjut Nanang, lima persen diantaranya merupakan kelompok lanjut usia.
 
"Tahun ini tema penyelenggaraan haji adalah 'Haji Ramah Lansia', maka saya titip para petugas untuk memprioritaskan pelayanan untuk jamaah lansia," katanya.
 
Sementara itu, Wulan (55), seorang calon haji asal Rangkasbitung mengaku merasa bersyukur bisa menunaikan rukun Islam kelima setelah menunggu 15 tahun.
 
"Kami berharap bisa menjadi haji mabrur dan pulang ke Tanah Air dengan selamat," katanya.

Baca juga: 85.782 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024