Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, M Holik Muardi menyebutkan sebanyak 16.623 jamaah calon haji (JCH) telah diterbangkan ke Tanah Suci Makkah melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Holik mengatakan, dari ribuan jamaah calon haji itu keseluruhannya tergabung dalam Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Jakarta-Bekasi.

"Dari hari pertama penerbangan haji (12/5) hingga hari ini telah diberangkatkan sekitar 16.623 jamaah calon haji. Para jamaah calon haji diterbangkan oleh dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airline," ujarnya di Tangerang, Senin.

Ia merincikan, untuk jumlah jamaah haji dari Embarkasi Jakarta-Bekasi yang berasal dari Jawa Barat sebanyak 7.830 orang.

"Untuk jamaah calon haji asal Jawa Barat sebagian diberangkatkan melalui Bandara Kertajati dan mereka tergabung dalam Embarkasi Jakarta-Saudia," katanya.

Baca juga: JCH asal Kota Serang tahun ini bertambah 180 orang

Sementara, untuk Embarkasi Jakarta-Pondok Gede yang berasal dari Jakarta sebanyak 1.940 jamaah calon haji. Lalu, jamaah calon haji asal Lampung sebanyak 3.104 jiwa dan terakhir asal Banten, 3.386 jamaah calon haji.

Dia mengutarakan, Bandara Soetta menetapkan standar tinggi dalam mempersiapkan fasilitas dan pelayanan untuk memudahkan jamaah calon haji menuju tanah suci dengan disiapkan 12 konter jalur cepat haji (fast track) keimigrasian untuk memudahkan keberangkatan jamaah calon haji.

"Dalam upaya memudahkan proses perjalanan para jamaah calon haji, kami menyiapkan 12 konter fast track keimigrasian. Seluruhnya bekerja sama dengan Pemerintah Arab Saudi (Makah route,) di Terminal 2D," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab minta calon haji Lebak jalin kebersamaan selama di Tanah Suci.

Melalui Makah route, para jamaah calon haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat di Bandara Soetta. Hal tersebut akan membantu dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses administrasi jamaah haji.

Selain itu, dalam melayani pelaksanaan haji pada 2024, pihaknya telah juga menerjunkan 3.296 personel guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

"Bandara Soetta berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang aman, nyaman, dan teratur bagi para jamaah calon haji," kata dia.

Baca juga: Omzet pedagang perlengkapan haji di Cilegon meningkat

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024