Kantor Kementerian Agama Kota Serang Provinsi Banten mencatat terdapat penambahan 180 orang Jamaah Calon Haji tahun 2024 asal daerah setempat.

"Data berbasis Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) JCH Kota Serang yang berangkat tahun ini 1.070 orang atau bertambah 180 orang dibanding jumlah JCH tahun 2023 tercatat 890 orang," kata Kepala Kepala Kantor Kemenag Kota Serang, Encep Safrudin Muhyi di Serang, Rabu.

Terdapat 19 orang JCH asal Kota Serang tahun 2023 yang tertunda berangkat akibat ketentuan saat pandemi COVID-19 yang ikut diberangkatkan pada musim haji tahun ini.

Baca juga: Pemkot Serang kembali raih WTP LKPD BPK RI
 
Kemenag Kota Serang juga memaksimalkan layanan terhadap JCH berusia di atas 60 tahun atau ramah terhadap lansia.
 
Dalam rombongan JCH Kota Serang tercatat anggota termudah usia 21 tahun  ada tujuh orang, dan anggota tertua usia 89 tahun tercatat 17 orang.
 
Fokus pelayanan yang dilakukan mulai dari konsumsi, dokumen, rangkaian mekanisme keberangkatan hingga kepulangan para calon jamaah haji.
 
Selain itu calon haji yang telah melakukan pelunasan biaya ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga telah dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim dokter Dinas Kesehatan Kota Serang.
 
"Pelayanan haji di tahun ini ada namanya Istita'ah dan ini adalah domainnya dinas kesehatan, jadi dari awal bagi calon jamaah haji yang berangkat harus dalam kondisi sehat," katanya.

Baca juga: Pemkot Serang beri uang saku setiap jamaah calon haji

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024