Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Provinsi Banten memberikan uang saku sebesar Rp500 ribu pada setiap calon haji sebagai bentuk dukungan terhadap para jamaah saat menjalankan ibadah haji.
 
Asisten Daerah (Asda) 1 Kota Serang Subagyo, di Serang, Banten, Senin, mengatakan di tahun ini masyarakat yang menunaikan ibadah haji tercatat sebanyak 1.200 orang.
 
"Dalam upaya mendukung jamaah, Pemkot Serang akan memberikan uang saku sebesar Rp500 ribu per orang," katanya.
 
Ia mengatakan dana tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Serang yang dikucurkan sebesar Rp500 juta.
 
"Ini dana APBD Kota Serang, kalau secara keseluruhan kurang lebih kita akan mengeluarkan dana sebesar Rp500 juta karena estimasi kita seribuan lebih jamaah," katanya.

Baca juga: Calon jamaah haji di Kota Serang pingsan saat bimbingan manasik
 
Bantuan uang saku ini akan diberikan paling lambat H-1 sebelum keberangkatan melalui rekening calon haji masing-masing.
 
"Kami meminta kepada calon haji untuk menyertakan nomor rekening yang aktif agar transaksi yang masuk bisa di cek sewaktu-waktu," katanya.
 
Sebelum keberangkatan, pihaknya akan memastikan uang saku tersebut sudah masuk ke rekening masing-masing jamaah.
 
Selain itu Pemkot Serang juga menyediakan fasilitas lainnya berupa transportasi keberangkatan dan kepulangan bagi jamaah haji asal Kota Serang.
 
“Kami akan fasilitasi keberangkatannya dari Kota Serang ke asrama haji begitupun pulangnya akan kita jemput,” katanya.
 
Bantuan tersebut diberikan sebagai upaya Pemkot Serang untuk memfasilitasi dan membantu serta memberikan kenyamanan kepada calon haji di Kota Serang.
 
"Tujuannya untuk memfasilitasi dan membantu jamaah, karena disamping biaya sendiri, kita juga pemerintahan membantu memfasilitasi. Bantuan uang saku ini juga bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh Pemkot Serang tetapi sudah yang ketiga kalinya," katanya.

Baca juga: 114 calon haji Lebak batal berangkat karena belum lunasi BPIH

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024