Tetua Adat Badui Tangtu Tanggungan 12 Saidi Yunior mengatakan momentum upacara tradisi Seba pada 2024 ikut mendoakan Indonesia aman, damai dan tentram.
 
"Bila kehidupan manusia itu aman, damai dan tentram maka bisa mewujudkan kesejahteraan," katanya di Rangkasbitung, Lebak, Minggu.
 
Masyarakat Badui baru saja merayakan upacara tradisi Seba yaitu bertemu dengan Bupati Lebak pada Jumat (17/5) dan Gubernur Banten pada Sabtu (18/5).
 
Perayaan tradisi Seba intinya selain silaturahmi dengan kepala pemerintah juga merupakan upacara sakral yang harus dijalani oleh masyarakat Badui Dalam dan Badui Luar.
 
Perayaan tradisi Seba 2024 dihadiri 1.500 orang yang berasal dari 68 kampung di pemukiman kawasan Badui.
 
Perayaan upacara tradisi Seba itu setiap tahun dilaksanakan oleh masyarakat Badui, karena amanah leluhur nenek moyang yang dilakukan sejak zaman Kerajaan Islam Banten yang dipimpin Sultan Hasanuddin dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Amanat Seba Badui, Pemkab Serang komitmen jaga kelestarian alam
 
Pada saat itu, kata dia, perayaan upacara tradisi Seba hanya dengan perwakilan tetua adat saja.
 
Namun, sekarang tradisi itu melibatkan ribuan masyarakat Badui yang dengan berjalan kaki mendatangi kediaman Bupati Lebak dan Gubernur Banten atau disebut "Bapak Gede".
 
Perayaan upacara tradisi Seba mendoakan agar bangsa Indonesia aman, tertib dan tentram juga jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti konflik sosial, kriminalitas hingga permusuhan dan lainnya.
 
Selama ini, kata Saidi, pemerintah sangat melindungi kehidupan adat dan budaya masyarakat Badui di Tanah Hak Ulayat Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak dengan penduduk 11.600 jiwa.
 
Disamping itu juga pemerintah memberikan jaminan keamanan dan ketertiban agar tidak ada warga luar adat melakukan perusakan alam di kawasan pemukiman Badui.
 
"Mudah-mudahan ke depannya Indonesia menjadi lebih baik sehingga kehidupan masyarakat sejahtera," katanya.

Baca juga: Tradisi Seba Badui masuk 110 event terpilih program KEN 2024

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024