Arus lalu lintas Pandeglang-Rangkasbitung di Banten pada H+4 Lebaran atau Senin padat kendaraan roda empat dan roda dua, namun berjalan lancar.
 
"Kami bersama petugas mengatur lalu lintas di simpang perempatan Warunggunung agar kendaraan dari arah Pandeglang menuju Jalan Tol Serang-Panimbang maupun Rangkasbitung lancar," kata Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakum) Satlantas Polres Lebak Ipda Adi Nugraha, di Lebak, Senin.
 
Arus kendaraan lalu lintas Pandeglang-Rangkasbitung cukup padat, karena mereka pulang dari kawasan wisata Pantai Carita juga arus balik.
 
Kemungkinan kepadatan kendaraan akan terjadi hingga pukul 23.00 WIB, karena malam ini masih berdatangan angkutan yang melintasi jalur Pandeglang-Rangkasbitung.
 
Sebab, pada H+3 atau Minggu (14/4) kepadatan kendaraan hingga terurai pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Gubernur Banten keluarkan SE penyesuaian sistem kerja usai Lebaran
 
Kepadatan kendaraan di ruas jalan tersebut rencananya diberlakukan sistem satu arah (one way), namun dibatalkan karena sudah pukul 18.00 WIB malam.
 
"Kami tidak berani menerapkan sistem satu arah pada malam hari, karena berisiko tinggi terhadap potensi kecelakaan lalu lintas," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, pengemudi kendaraan arus balik yang melintasi jalur Rangkasbitung-Pandeglang kebanyakan dari arah Pandeglang, Banten Selatan, Kabupaten Serang, dan Lampung.
 
Mereka adalah pemudik arus balik menuju berbagai daerah, seperti Tangerang, Jakarta, dan sejumlah daerah di Jawa Barat.
 
"Kami berharap pemudik berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat sampai tujuan," kata Ipda Adi.

Baca juga: Pemilir kereta di Lebak diimbau tak bawa barang berlebihan
 
Muhammad Rohman (45), pengemudi kendaraan pribadi dari Banten Selatan menuju Jakarta mengatakan dirinya merasa lega setelah tiba di perempatan Warunggunung menuju Jalan Tol Serang-Panimbang begitu lancar.
 
Selama ini, arus perjalanan cukup melelahkan, karena beberapa simpang perempatan di ruas Jalan Pandeglang-Labuan terjebak antrean panjang.
 
"Kami berangkat dari rumah pukul 14.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB tiba di Warunggunung untuk Shalat Maghrib," kata Muhammad Rohman.
 
Nurhaman (50), seorang pengendara kendaraan pribadi mengaku dirinya terjebak kemacetan di beberapa titik yang dilintasi jalur Pandeglang-Labuan.
 
Namun, setelah melintasi jalan Warunggunung Rangkasbitung berjalan lancar meski terjadi kepadatan kendaraan arus balik maupun kendaraan pulang dari kawasan wisata.l
 
"Kami berharap perjalanan lancar dan tiba di Bogor pukul 21.00 WIB," kata Nurhaman yang mudik ke kampung halaman di Menes, Pandeglang.

Baca juga: Polres Serang olah TKP penemuan mayat di Sungai Ciujung

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024