Ruas jalan Rangkasbitung-Pandeglang, Banten pada H+3 Lebaran 1445 Hijriah lancar meski arus kendaraan menuju kawasan wisata Pantai Carita cukup ramai.
 
"Arus kendaraan yang melintasi ruas jalan Rangkasbitung - Warunggunung - Pandeglang lancar," kata Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakum) Satlantas Polres Lebak Ipda Adi Nugraha di sela mengatur lalu lintas di perempatan Warunggunung, Lebak , Sabtu.
 
Selama ini, ruas jalan Kabupaten Lebak yang dijadikan lintasan menuju arah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Banten Selatan landai, sehingga tidak perlu diterapkan sistem satu arah (one way).
 
Ia mengatakan ruas jalan Rangkasbitung - Warunggunung - Pandeglang sejak pagi hingga malam hari berjalan lancar, tidak ada kemacetan maupun antrean panjang kendaraan.
 
"Kami bekerja maksimal untuk mengatur lalu lintas di perempatan Warunggunung, karena terdapat arah menuju Rangkasbitung, Kabupaten Serang dan Pandeglang," katanya.

Baca juga: Puncak arus balik di Pelabuhan Merak diprediksi 13-14 April
 
Menurut dia, puncak arus balik Lebaran 2024, untuk lintasan Warunggunung - Pandeglang - Serang akan terjadi pada H+4 atau Minggu (14/4).
 
Pemudik arus balik menuju berbagai daerah di wilayah Tangerang, Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Barat. Oleh karena itu, pihaknya berharap puncak arus balik yang melintasi jalan di Kabupaten Lebak juga berjalan lancar.
 
"Kami berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat agar perjalanan lancar, aman, nyaman dan selamat sampai tujuan," katanya.
 
Ia mengatakan sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban jiwa selama arus mudik dan arus balik Lebaran akibat kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Wisatawan padati objek wisata Pantai Anyer dan Cinangka
 
Kecelakaan lalu lintas tersebut relatif kecil, karena banyak petugas disebar di lokasi rawan kecelakaan, kejahatan dan kemacetan.
 
"Kami minta pengemudi kendaraan jika lelah maupun mengantuk sebaiknya istirahat di posko pengamanan," kata Ipda Adi.
 
Sementara itu, sejumlah pengemudi kendaraan roda empat mengaku  senang ketika melintasi ruas jalan menuju Kabupaten Lebak lintasan Pandeglang - Warunggunung - Rangkasbitung berjalan lancar, meski terjadi peningkatan kendaraan.
 
"Kami tentunya mengapresiasi petugas kepolisian Lebak yang bekerja keras, sehingga arus lalu lintas lancar," kata Ahmad (45), warga Citeras Kabupaten Lebak.

Baca juga: Kawasan wisata Pantai Anyer penuh, polisi berlakukan one way

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024