Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat tiga wilayah di daerah tersebut masih sulit diakses oleh kendaraan roda empat terkait distribusi logistik Pemilu Serentak 2024.

Anggota KPU Banten Ahmad Suja'i di Kota Serang, Banten, Selasa, menyebutkan tiga wilayah yang mengalami tantangan dalam distribusi logistik pemilu itu berada di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

"Kalau masalah tempat pemungutan surat (TPS) terpencil, yang tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat, ada di wilayah Kabupaten Serang, karena harus menyeberang pulau menggunakan perahu," kata Ahmad.

Baca juga: Ketua DPRD Banten ajak masyarakat sambut Pemilu 2024 dengan gembira

Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Banten itu menambahkan sebanyak enam TPS tersebut berada di Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, serta delapan TPS lain di Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa.

Kemudian, KPU Banten mencatat pula TPS yang sulit diakses juga ada di wilayah Kabupaten Pandeglang, antara lain di Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Cibaliung, serta wilayah Baduy di Kabupaten Lebak.

"Wilayah yang lain, seperti Lebak, wilayah Baduy, itu kan agak repot juga; seperti wilayah Pandeglang di Cimanggu atau Cibaliung," tambahnya.

Baca juga: KPU Banten gencar sosialisasi pendidikan pemilih pada kalangan pelajar

Ahmad mengaku pihaknya belum merinci berapa jumlah TPS yang berada di lokasi sulit akses tersebut. Menurut dia, masalah pendistribusian tergantung pada kondisi cuaca.

"Jadi, kalau soal jumlah TPS, kami baru bisa menyampaikan selambat-lambatnya tiga hari sebelum hari pemungutan suara, baru bisa menyampaikan secara detail berapa TPS yang distribusi logistiknya tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua," jelasnya.

Apabila dalam kondisi hujan, lanjutnya, maka banyak lokasi TPS yang terkendala dalam pengiriman logistik karena medan yang tidak bisa dilalui kendaraan.

Namun demikian, pihaknya akan memastikan proses distribusi dari pusat kabupaten dan kota ke wilayah kecamatan di Provinsi Banten dapat berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, jumlah TPS Pemilu 2024 di Provinsi Banten sebanyak 33.324, yang tersebar di delapan kabupaten dan kota; sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Banten sebanyak 8.842.646 jiwa.

Baca juga: Ini lokasi kampanye terbuka Pemilu 2024 di Tangerang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023