Ketua DPRD Banten Andra Soni mengajak masyarakat Banten khususnya, untuk menyambut pemilihan umum Pemilu dan Pilpres 2024 dengan riang gembira.

"Pemilu ini adalah hajat demokrasi lima tahunan milik masyarakat. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita sambut dengan riang gembira," kata Andra Soni di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, pesta demokrasi tersebut harus disambut dengan kegembiraan dan suka cita, sehingga semua elemen masyarakat bisa ikut serta menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

"Walaupun berbeda pilihan, tetap kekeluargaan harus terjaga dengan baik. Ini menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi," katanya menambahkan.

Baca juga: KPU Banten gencar sosialisasi pendidikan pemilih pada kalangan pelajar

Menurutnya, berbeda pilihan dalam menentukan pemimpin dan wakil rakyat adalah hal yang biasa dalam iklim demokrasi. Namun demikian, perbedaan pilihan itu harus kebersamaan dan kekeluargaan harus tetap terpelihara.

Ia juga menekankan kepada para penyelenggara pemilu dan pilpres, terutama KPU dan Bawaslu agar bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Begitu juga dengan pihak keamanan harus terus berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga hal-hal yang bisa mengganggu keamanan dan menghambat proses tahapan pemilu, bisa diantisipasi lebih dini.

Baca juga: Survei Polmatrix: Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran

"Sebagai pimpinan DPRD, kami terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara dan keamanan, dengan harapan semua proses pemilu berjalan dengan baik," pungkas Andra Soni.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Penetapan itu berdasarkan hasil rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/11) malam. (ADV)

Baca juga: Pemilu 2024, Anies nomor urut 1, Prabowo 2, Ganjar nomor 3

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023