Pemerintah Kota Serang resmi menghibahkan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang sebesar Rp28 miliar dan Bawaslu Rp7,250 miliar.
 
Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin di Serang, Banten, Selasa, menuturkan, KPU dan Bawaslu Kota Serang sudah menandatangani berita acara terkait dana hibah penyelenggaraan Pilkada 2024 mendatang. 
 
"Alhamdulillah KPU dan Bawaslu sudah menandatangani berita acara," katanya di Pemkot Serang. 
 
Nanang mengatakan, penyaluran dana hibah untuk KPU maupun Bawaslu akan disalurkan secara bertahap di tahun 2023 dan 2024. 

Baca juga: Ini tanggapan Mendagri soal usulan Pilkada 2024 maju ke September
 
"Jadi KPU itu diberikan Rp2,5 Miliar murni di 2023 dan Rp25,5 murni di 2024. Jadi total Rp28 Miliar yang akan diterima. Sedangkan Bawaslu Rp7,250 Miliar, Rp250 juta murni di 2023, Rp7 Miliar di 2024. Alhamdulillah mereka sudah bisa memahami dan menerima," katanya. 

KPU Kota Serang sebenarnya mengusulkan dana hibah sebesar Rp68 miliar, namun hal ini tidak dipenuhi karena pemerintah setempat memiliki standar satuan harga (SSH) tersendiri dan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh Pemkot Serang. 
 
"Kita sesuaikan dengan satuan harga yang dimiliki, dan mereka memahami karena kemampuan keuangan daerah, intinya sudah clear dan bisa menerima," katanya. 

Baca juga: PKS mulai siapkan calon untuk Wali Kota Serang
 
Nanang juga mengatakan, tahun ini Pemkot Serang tidak mengeluarkan dana hibah pengamanan untuk TNI-POLRI, karena pengajuan hibah yang terlambat. 
 
"Pengamanan secara rincian nanti kita simpan di Satpol PP, kita hibah dulu karena memang pengajuannya terlambat dari Polres dan Kodimnya. Tapi nanti kita atur dan tinggal bersinergi saja antara Pol PP dengan Polres dan Kodim seperti apa," katanya. 
 
Nanang berharap, dengan anggaran yang digelontorkan oleh Pemkot Serang untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 tersebut bisa mengakomodir semua keperluan.
 
"Kita berharap pesta demokrasi di Pilkada bisa dilakukan dengan baik dengan dukungan anggaran yang sudah kita berikan," pungkas Nanang Saefudin.

Baca juga: Pemilu 2024, Pemprov Banten siapkan dana cadangan Rp250 miliar
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023