Program Rumah Sehat Sistem Informasi Cek Rumah dan Lingkungan Kita (SiCeria) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang dengan sasaran utama untuk mengedukasi kesehatan telah menjangkau 263.307 jiwa pada 73.153 rumah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Tangerang, Senin, mengatakan kegiatan pendataan rumah sehat oleh kader SiCeria atau petugas Kesehatan lingkungan di 104 kelurahan dilakukan melalui aplikasi https://keslingceria.tangerangkota.go.id/.

Kader melakukan kunjungan kesehatan secara door to door  guna mengedukasi dan mendata rumah sehat, kepemilikan jamban, kepemilikan tempat cuci tangan, mendata rumah tangga dengan pemakaian air dalam memasak, kepemilikan tempat sampah, mengetahui sistem pembuangan air limbah rumah tangga, serta menghitung angka bebas jentik rumah.

Baca juga: "SiKasep" aplikasi untuk sertifikasi makanan gratis dari Tangerang

Kegiatan dilakukan oleh kader dengan target 40 rumah di cek kesehatan lingkungan dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)-nya per bulan per kelurahan, sehingga untuk 104 kelurahan di cek sebanyak 49.920 rumah per tahun.

"Tercatat, hingga Mei 2023 program ini sudah menjangkau 263.307 jiwa dari 73.153 rumah yang tercatat menjadi rumah sehat,” kata Dini Anggraeni.

Ia mengatakan Program SiCeria telah dilakoni sejak 2022 dan jika ditemukan kondisi lingkungan yang buruk, maka puskesmas dapat melakukan pendampingan untuk  perbaikan lingkungan yang lebih sehat guna menekan lonjakan kasus penyakit akibat sanitasi buruk.

“Kegiatan pendataan ini memang dilakukan dengan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat Kota Tangerang dan hingga saat ini secara berkala kegiatan ini masih aktif berlangsung, menjaring rumah yang lebih banyak lagi, sehingga membutuhkan kesabaran dan tekad kuat dari petugas. Pasalnya, tidak semua masyarakat yang dikunjungi mau menerima dengan baik,” katanya.

Puskesmas membuka permohonan secara mandiri dari warga untuk dilakukan pengecekan kelayakan rumah sehat pada rumahnya masing-masing. Kemudian Petugas SiCeria akan berkunjung ke rumah. 

Baca juga: Aksi Goceng Kota Tangerang fokus atasi berat badan dan gizi bayi
Baca juga: Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak minta warga giatkan PSN untuk cegah DBD

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023