Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyiapkan pendaftaran melalui Aplikasi Sertifikasi Keamanan Pangan (SiKasep) bagi Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (PIRT) dalam memperoleh sertifikasi untuk kursus higiene sanitasi makanan secara gratis.

"Sertifikasi ini gratis untuk Penjamah Makanan dan Penyuluhan Keamanan Pangan yang memiliki usaha di Kota Tangerang dengan dibuktikan NIB yang dikeluarkan oleh OSS RBA," kata Kepala Dinas Kesehatan dr Dini Anggraeni di Tangerang dalam keterangannya, Jumat.

Dijelaskan, keamanan dan higienis sanitasi makanan ini sangat penting karena nantinya akan dikonsumsi. Maka itu Dinkes memberikan sertifikasi dan untuk memudahkannya dapat melakukan pendaftaran melalui Aplikasi SiKasep yang sudah disediakan.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang imbau warga buat kartu kuning via daring agar lebih efektif

Ia melanjutkan, seluruh proses pendaftaran dan jadwal pelatihan untuk sertifikasi akan diinformasikan melalui aplikasi SiKasep dan nomor WhatsApp yang sudah didaftarkan saat melakukan pendaftaran. Pelatihan akan dilaksanakan jika kuota sudah mencapai 50 orang.

"Saat masuk ke aplikasi SiKasep, lakukan registrasi dan lengkapi data-data yang dibutuhkan. Lalu, masyarakat dapat memantau proses pendaftaran hingga berkas terverifikasi oleh kami. Jika sudah terverifikasi, nanti akan dihubungi kapan sertifikasi dapat dilakukan," lanjutnya.

Aplikasi SiKasep dapat diakses melalui laman sikasep.tangerangkota.go.id. Untuk masuk ke aplikasi SiKasep, pemohon harus menggunakan akun yang terdaftar di aplikasi Tangerang LIVE.

"Aplikasi Tangerang LIVE sudah dapat diunduh di Play Store maupun App Store," pungkas Dini Anggraeni.

Baca juga: Ingin sewa Bus Jawara? buka aplikasi Tangerang LIVE

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023