Puskesmas Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten melakukan jemput bola guna mensuyseskan vaksinasi bagi masyarakat   dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. 
 
"Petugas kami mendatangi Kantor Desa Cimangenteung dan Kelurahan Rangkasbitung Barat untuk melakukan vaksin, dan ternyata mendapat sambutan antusias dari masyarakat," kata Kepala Tata Usaha Puskesmas Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Kamis.Baca juga: Warga pedalaman Lebak terima bantuan beras Program Keluarga Harapan
 
Pelaksanaan vaksinasi melalui jemput bola, kata dia, sangat efektif, karena petugas medis melayani vaksinasi secara langsung, dan dalam pelaksanaannya melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Masyarakat mendatangi lokasi vaksinasi sejak pagi hingga siang di kantor desa dan kelurahan setempat. Prokes kesehatan menjadi perhatian utama, warga yang datang diwajibkan menggunakan masker," ujarnya.
 
Melihat keberhasilan tersebut, menurut dia, vaksinasi sistem jemput bola itu akan dilaksanakan di seluruh desa dan kelurahan. 
 
"Kami hari ini menargetkan 1.000 vaksinasi untuk warga Kelurahan Rangkasbitung Barat dan terealisasi dengan melibatkan 25 vaksinator, " katanya menjelaskan. 
 
Plh Lurah Rangkasbitung Barat Kabupaten Lebak Fikri mengatakan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya berjalan lancar hingga mencapai 1.000 orang tersebar di 10 rukun warga (RW). 
 
"Kita cukup baik untuk pencegahan COVID-19, dan warga di sini tidak ada yang terpapar corona, " katanya. 
 
Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak Dr Firman Rahmatullah mengatakan pihaknya kini memfokuskan pelaksanaan vaksinasi di 28 kecamatan untuk menyukseskan program pemerintah. 
 
"Kami menyambut positif langkah puskesmas dengan melaksanakan jemput bola vaksinasi guna mencegah penyebaran corona, "katanya.
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021