Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang (PUPR) menggunakan aplikasi SiData untuk mengidentifikasi kerusakan inrastruktur.

“Sebelumnya, aplikasi SiData digunakan untuk mendata penerima bantuan sosial dan juga untuk memverivikasi data-data UMKM. Sekarang ini, fitur baru yang ada di SiData adalah untuk mengidentifikasi kerusakan inrastruktur di Kota Tangerang,” kata Kepala Dinas PUPR Decky Priambodo dalam keterangannya Selasa.

Baca juga: Pedagang liar di Kecamatan Sepatan Tangerang segera direlokasi

Decky menjelaskan aplikasi SiData adalah aplikasi yang digunakan oleh pemerintah Kota Tangerang, untuk mengumpulkan data-data dalam satu sistem informasi.

Dalam sosialisasi survey kondisi infrastruktur Kota Tangerang, Decky juga menyampaikan masing-masing wilayah dapat melaporkan kerusakan jalan, drainase, jembatan dan lain sebagainya.

“Khusus untuk saat ini, yang bisa mengakses fitur baru dari SiData adalah teman-teman dari kecamatan dan kelurahan. Karena kecamatan dan kelurahan sering mendapatkan keluhan dari masyarakat, atas kerusakan-kerusakan infrastruktur yang ada,” katanya.

Diharapkan dengan adanya aplikasi SiData, Dinas PUPR dapat terbantu dalam melakukan simulasi perbaikan kerusakan jalan, serta menentukan strategi dan prioritas saat melakukan perbaikan tersebut.

“Dengan adanya SiData ini, kerusakan-kerusakan infrastruktur yang ada bisa dicatat dan dipantau langsung progresnya. Sehingga yang diusulkan oleh masyarakat tidak hilang begitu saja,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021