Guru besar sejarah Indonesia Universitas Leiden Belanda Profesor. Dr. Nico J.G. Captein, mengunjungi  Pengurus Besar (PB) Al-khairiyah di Citangkil, Kota Cilegon, Selasa (2/7). 

Kunjungan guru besar  ke Al-Khairiyah tersebut dikarenakan memiliki sejarah perguruan Islam tertua di Banten. Sebagai ahli sejarah, Nico sangat menguasai sejarah Islam di Banten.              

“Terima kasih, saya sungguh sangat senang datang ke sini. Semoga nanti bisa kembali lagi,” kata Nico dengan Bahasa Indonesia yang fasih, pada kunjungannya di Cilegong.

Kunjungan yang disambut Wakil Ketua Umum PB Al-khairiyah Alwiyan Q. Syam’un dan juga  didampingi beberapa pengurus lainnya berkesempatan melihat Alquran kuno yang berusia sekitar 3 abad yang dimiliki Al-khairiyah.                                      

Baca juga: Ketua PB Al-Khairiyah: kalah-memang pada pilpres harus lapang dada

Baca juga: Al Khairiyah kutuk keras tindakan terorisme di New Zealand

Alwiyan mengungkapkan, kedatangan Nico dapat terjalin karena kerja sama yang  baik antara Universitas Leisen dengan Al-Khairiyah. Menurutnya  banyak naskah-naskah sejarah masa lalu Banten  justru berada di Belanda.

“Saya membutuhkan banyak informasi terkait sejarah Al-Khairiyah dan Banten yang tersimpan di Belanda. Semoga kelak bisa berkesempatan untuk datang ke Belanda,” katanya.                          

Ketua Umum PB Al-Khairiyah Ali Mujahidin mengatakan, kunjungan guru besar dari Negara Belanda tersebut merupakan kebanggaan bagi Al -Khairiyah dan juga masyarakat Banten, sebab masih banyak sejarah peninggalan Banten yang belum tergali.

"Saya dan semua pengurus Alkhairiyah bersyukur dan bangga bisa dikunjungi oleh beliau. Semoga dengan adanya kunjungan ini akan menjadi gerbang awal untuk mengetahui sejarah Banten yang lebih jauh, harapan saya kedepan akan ada perwakilan kita dari Alkhairiyah yang berkunjung ke sana," katanya.

Baca juga: Al-Khairiyah dan Kementan Bersinergi Kuatkan Jiwa Bela Negara Melalui Pendidikan

Baca juga: Ribuan Peserta Ikuti Rakernas II Al-Khairiyah

Baca juga: Satria AL Khairiyah Raih Juara Marchingband Festival

Baca juga: Al Khairiyah Luncurkan Program "Jumat Jariyah Shodaqoh"
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019