Formulir C plano untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dicetak melebihi jumlah kebutuhan, kata Komisioner KPU Kota Serang, Divisi Data dan Informasi, Abdul Rohman, di Serang, Rabu.
 
"Pas kita hitung memang ada kelebihan cetak di C Plano Wali Kota Serang, dan ini yang sedang kami telusuri kenapa bisa ada kelebihan," kata Abdul Rohman.
 
Menurutnya, kebutuhan C Plano di Pemilihan Wali Kota Serang sebanyak 992 rangkap untuk di 992 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Serang. 
 
Sementara untuk jumlah kelebihan cetak formulir C Plano, Abdul Rohman tidak menyebutkan berapa jumlah kelebihannya tersebut. 
 
"Untuk jumlah kelebihannya yang jelas cukup banyak, dan angkanya memang lumayan," katanya menambahkan.

Baca juga: KPU Kota Serang buka layanan daftar pemilih tambahan Pilkada 2024
 
Dan saat ini pihaknya mengaku sedang menelusuri penyebab kelebihan C Plano tersebut serta telah berkoordinasi dengan pihak percetakan. 
 
"Yang sedang kita lakukan saat ini koordinasi ke bagian percetakan. Serta berkoordinasi dengan Bawaslu, KPU Provinsi untuk mencari solusinya seperti apa," jelasnya. 
 
Menurutnya kelebihan cetak formulir C Plano dapat menjadi fitnah apabila tidak segera diatasi. Dan pada saat proses pemesanan, Rohman mengaku tidak mengetahui karena dilakukan oleh tim sekretariat KPU Kota Serang. 
 
"Kelebihan formulir ini harus kita amankan dimana yang memang steril. Apakah di KPU Provinsi atau di Bawaslu," katanya. 
 
Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Banten Ahmad Sujai mengaku saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari sekretariat KPU Banten yang melakukan pengecekan ke gudang KPU Kota Serang. 
 
"Saya juga lagi menunggu info dari pihak sekretariat KPU Banten untuk cek ke gudang KPU Kota Serang," katanya.

Baca juga: KPU Kota Serang bersiap lelang logistik Pemilu 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024