Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Banten, menargetkan Program Pengembangan Pesantren Sehat terus bertambah dalam rangka mendorong partisipasi aktif santri terkait peningkatan kualitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, mengatakan sejak diluncurkan pada tahun lalu Dinkes sudah menjalin kerja sama dengan 15 pondok pesantren dalam program tersebut.

Program tersebut, kata dia, merupakan langkah strategis yang dilakukan untuk meningkatkan upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif perilaku hidup sehat di berbagai pesantren.

"Pemkot Tangerang selama ini berhasil mendorong Program Pengembangan Pesantren Sehat secara konsisten dan diproyeksikan akan terus bertambah pada tahun depan," kata dia.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang sosialisasikan pos kesehatan pesantren

Ia melanjutkan Pemkot Tangerang melalui program ini juga mendorong pembentukan dan pengembangan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) di Kota Tangerang.

Apalagi Poskestren memiliki manfaat yang sangat besar sebagai wadah para santri untuk memberdayakan kemandirian kesehatan di pondok pesantren masing-masing.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Tangerang berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan, khususnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan pondok pesantren dapat berjalan secara lebih baik.

Baca juga: Pemkot Tangerang siap bergerak wujudkan visi misi Presiden Prabowo

“Kami berharap setiap pondok pesantren dapat berkontribusi penuh dengan meningkatkan penyelenggaraan upaya kesehatan yang maksimal di lingkungan pondok pesantren masing-masing,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan peringatan Hari Santri Nasional menjadi momen penting untuk mengingat kembali peran santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Hari Santri adalah momentum untuk merefleksikan peran strategis santri dalam pembangunan bangsa, bukan hanya di bidang agama, tetapi juga di berbagai sektor kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial,” kata Nurdin dalam acara penutupan (MTQ) ke-23 tingkat Kota Tangerang di Taman Elektrik, Selasa.

Baca juga: Pelamar PPPK Pemkot Tangerang lebih 90 persen dari formasi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024