Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang, Banten menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 Kabupaten Serang mencapai 80 persen. 
 
Kepala Bakesbangpol Kabupaten Serang, Epi Priatna, di Serang, Selasa, mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya gencar melakukan sosialisasi mulai dari pemilih pemula, mahasiswa, dan masyarakat umum. 
 
"Kita targetkan untuk partisipasi pemilih mencapai 80 persen, dan hari ini kita melakukan sosialisasi sebagai upaya tingkat partisipasi masyarakat khususnya di kalangan mahasiswa dan pemilih pemula," katanya usai melakukan sosialisasi kepada organisasi mahasiswa di Forbis Hotel. 

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Serang terima 13 laporan pelanggaran Pilkada 2024
 
Epi berharap para mahasiswa yang tergabung dalam berbagai organisasi kemahasiswaan bisa menyampaikan kepada mahasiswa lainnya, khususnya mereka yang berdomisili di Kabupaten Serang. 
 
Sosialisasi sendiri sudah dilakukan mulai dari pemilih pemula yakni di sekolah tingkat SMA dan SMK maupun di kalangan masyarakat umum di kantor-kantor kecamatan. 
 
"Peran mahasiswa penting agar mereka betul-betul paham, bahwasanya pilkada ini sangat penting untuk meningkatkan partisipasi. Mahasiswa juga sebagai salah satu pilar demokrasi yang banyak mensupport pemerintah, memberikan dukungan dalam bentuk apapun," katanya menambahkan.

Baca juga: Ada dugaan politik uang, Bawaslu Serang panggil Nanang Supriatna
 
Di samping itu, Epi mengimbau kepada masyarakat yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 November 2024 untuk menggunakan hak pilihnya. 
 
"Ini sangat penting sekali, pesta demokrasi lima tahun sekali ini salah satu indikator suksesnya juga dengan tingkat partisipasi pemilih yang cukup tinggi atas kehadiran pemilih ke TPS," tuturnya. 

Adapun sebagai narasumber pada Sosialisasi Pilkada Kabupaten Serang 2024 yang digelar Bakesbangpol yakni Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhammad Nasehudin, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Furqon, Akademisi atau Dosen Ilmu Fisip Unsera, Fikri Habibi dan Plt Kabid Wasnas Kesbangpol Provinsi Banten, Taufik.

Sementara itu DPT Kabupaten Serang untuk Pilkada 2024 adalah 1.225.871 yang terdiri dari 621.527 pemilih laki-laki dan 604.344 pemilih perempuan.

Baca juga: Kembangkan UMKM, Andika Hazrumy gagas 1 desa 1 produk unggulan

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024