Calon Bupati Serang Andika Hazrumy menargetkan terjadinya pemerataan ekonomi jika kelak terpilih memimpin Kabupaten Serang dengan melakukan pengembangan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) diantaranya melalui program 1 desa bisa memiliki 1 produk unggulan.

"Dengan 1 desa 1 produk unggulan dari UMKM kami meyakini akan terjadi pemerataan ekonomi di tengah-tengah masyarakat," kata Andika, di Serang, Selasa.

Menurut Andika, saat ini relatif banyak UMKM di Kabupaten Serang yang memiliki produk unggulan dan kondisi tersebut harus diduplikasi di tempat lain.

Selain itu, lanjutnya, untuk UMKM yang masih merintis juga harus dilakukan upaya pembantuan oleh pemerintah daerah sehingga dapat berkembang. 

"Makanya program 1 desa 1 produk itu nanti bisa jadi memang memunculkan UMKM baru, bisa jadi mengembangkan yang sudah ada," katanya menambahkan.

Baca juga: Andika janjikan kuota lowongan kerja industri di Kabupaten Serang

Untuk pengembangan UMKM yang sudah ada, Andika mencontohkan UMKM perajin gerabah di Desa Bumijaya, Kecamatan Ciruas dan UMKM perajin batik lokal Kabupaten Serang.

Menurutnya, untuk UMKM yang sudah eksis seperti itu upaya pembantuan pengembangan tetap harus dilakukan pemerintah daerah. Dalam kasus gerabah Bumijaya, Andika menyebut, dimungkinkan bantuan pemda dapat berupa pengenalan tren-tren terbaru jenis-jenis gerabah yang tengah disukai pasar, hingga memfasilitasi pemasarannya itu sendiri. 

"Bagaimana gerabah Bumijaya syukur-syukur bisa menembus pasar ekspor, karena gerabah ini kan lebih ke karya seni dengan peminat dari mancanegara," katanya.

Baca juga: HUT Ke-498 Serang, Andika Hazrumy: selangkah lagi menuju daerah maju

Untuk UMKM produk batik dengan motif lokal Serang, kata dia, pembantuan yang dapat dilakukan pemerintah daerah dapat berupa permodalan, hingga pemasaran. 

"Bagaimana mereka bisa dapat tambahan modal agar bisa produksi lebih masif, dan bagaimana membantu memperkenalkan produk mereka supaya bisa lebih banyak dikenal orang," kata Andika.

Andika menyebut sejumlah produk UMKM di Kabupaten Serang seperti gerabah, batik, tas, sepatu, hingga golok sebenarnya sudah banyak yang berkembang bahkan berhasil, pada era kepemimpinan Bupati saat ini, Ratu Tatu Chasanah.

"Nah, yang seperti ini ke depan akan diperbanyak. Kita duplikasi kesuksesan-kesuksesan mereka agar lebih banyak lagi UMKM yang sukses," pungkas Andika Hazrumy.

Baca juga: Ada dugaan politik uang, Bawaslu Serang panggil Nanang Supriatna

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024