Program Studi (Prodi) Statistika Matana University di Tangerang, Banten, berhasil juara pertama Pojok Statistik terbaik se-Indonesia yang diikuti 130 peserta dari berbagai universitas.

“Penghargaan ini merupakan hadiah yang sangat indah, berkat kerja keras semua pihak yang membangun Pojok Statistik Matana University," kata Ketua Prodi Statistika Matana University Jacob Stevy Seleky pada keterangan di Tangerang, Minggu.

Jacob menuturkan prestasi ini juga karena adanya peran aktif dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang yang telah memberikan bimbingan.

"Penghargaan peringkat pertama ini bukan hanya penghargaan untuk Matana University, tetapi juga untuk Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten,” ungkapnya.

Baca juga: Matana University sebut Data scientist miliki prospek karir menjanjikan

Pojok Statistik Matana University dibentuk atas kerja sama antara BPS Kabupaten Tangerang dengan Matana University dan ini merupakan satu-satunya di wilayah Kabupaten Tangerang. Berbagai kegiatan pembinaan dalam upaya meningkatkan literasi statistik mahasiswa telah dilakukan.

Implementasi program dan kegiatan dari BPS Kabupaten Tangerang bersama Matana University menghasilkan berbagai program yang memberikan manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat lainnya.

"Atas prestasi membanggakan ini Matana University kembali menunjukkan keunggulannya dalam bidang statistik, inovasi, dan kontribusi nyata untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Matana University Tangerang buka program studi K3

Sementara itu penghargaan diberikan kepada Matana University dalam ajang Anugerah Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 tanggal 26 September 2024 di Jakarta, yang mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”.

Menurut BPS, tema itu menekankan pentingnya data statistik untuk membangun Visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan Indonesia sebagai “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan”.

Untuk melanjutkan rangkaian transformasi pembangunan negara tentu dibutuhkan data sebagai landasan dalam pengambilan kebijakan.

Baca juga: Universitas Matana bersama BPS buka pojok statistik di kampus

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024