Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang mengimbau masyarakat agar melakukan enkapsulasi dokumen penting agar tidak mengalami kerusakan khususnya saat musim hujan.

Kepala DPAD Kota Tangerang Engkos Zarkasyi di Tangerang, Kamis, mengatakan enkapsulasi merupakan proses pelindungan dokumen, antara lain dengan plastik khusus, agar tidak rusak.

Layanan Enkapsulasi dapat dilakukan oleh masyarakat di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Sebab, kini sudah tersedia Satgas Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA).

"Silakan kunjungi kantor kecamatan masing-masing karena kami sudah berikan pelatihan bagi para satgas dan saat ini juga sedang berlangsung pelatihan bagi para satgas. Selain itu, bisa juga dilakukan di Kantor DPAD Kota Tangerang," kata dia dalam keterangannya.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan penyelenggaraan statistik dari BPS

Ia melanjutkan, proses enkapsulasi dilakukan secara gratis. Sehingga, masyarakat dapat melindungi dokumen-dokumen penting yang dimiliki.

Diharapkan, dengan adanya enkapsulasi dan Satgas LARASKA dapat mengedukasi dan membantu masyarakat Kota Tangerang untuk menjaga keaslian dan perlindungan dokumen.

Enkapsulasi berbeda dengan laminating, karena tidak menempel dan merusak keaslian dokumen. Dengan enkapsulasi, dapat menjaga dokumen dan kerusakan lainnya apabila terjadi banjir atau bencana lainnya.

"Mudah-mudahan, dapat bermanfaat dan membantu masyarakat Kota Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Dinkes dan RSUP Sitanala skrining penyakit TBC gunakan portable X-ray

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024