Penjabat Gubernur (Pj) Banten Al Muktabar saat memimpin Apel Kebencanaan di Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS) Curug Kota Serang, Kamis mengajak semua pihak untuk tangguh serta bersiap siaga dalam menghadapi bencana karena bisa terjadi kapan saja. 

Al Muktabar mengatakan, bencana merupakan suatu hal yang sangat tidak dikehendaki, tetapi mungkin terjadi. 

“Kita tidak mempunyai pilihan. Bencana mungkin terjadi," kata Al Muktabar.

Kewajiban semua pihak, kata Al Muktabar, adalah mempersiapkan baik secara individu, keorganisasian dan stakeholder agar semua memiliki ketangguhan menghadapi bencana.

“Bila terjadi bencana, kita hadapi dengan manajemen tanggap darurat saat peristiwa itu terjadi. Dilanjutkan dengan proses rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Gubernur Banten sebut Jambore Kebencanaan untuk ketangguhan masyarakat

Al Muktabar mengatakan, Jambore Kebencanaan, merupakan salah satu upaya menumbuhkan kognitif, afektif dan psikomotorik kebencanaan bagi semua pihak yang mendedikasikan diri dalam penanggulangan bencana. “Diharapkan sebagai insan bencana yang tangguh dan refleksi dirinya siaga bencana setiap saat,” ujarnya.

Al Muktabar juga mengatakan, prototipe luar biasa dan beragam variasinya. Untuk itu, diperlukan sebuah sikap inovasi penanganan bencana di lokasi kejadian.

“Inovasi tersebut, sering muncul di lokasi kejadian, bukan didapatkan dalam teori maupun pelatihan,” kata Al Muktabar.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, Jambore Kebencanaan bertujuan melatih kesiapsiagaan pada saat bencana. 

"Jambore ini berkaitan antara lain dengan evakuasi dan memberikan pelayanan pada saat terjadi bencana kepada pengungsi," kata Nana. 

Sedangkan jenis-jenis yang dilombakan antara lain dapur umum, pemasangan tenda dan cerdas cermat dan evakuasi di air. 

Baca juga: Hadapi bencana alam, PMI Lebak siagakan 200 relawan

Sementara proses penilaian meliputi seluruh komponen. Lomba dapur umum, misalnya, penilaian bukan hanya sekedar memasak untuk pengungsi tapi juga menyediakan menu dari berbagai usia untuk memenuhi kebutuhan gizi dan protein pada korban bencana.

"Juri akan melihat dari data pengungsi misalnya ada balita, lansia ibu hamil dan ibu menyusui agar para pengungsi bisa terjamin kesehatannya dan itu menjadi poin penting dalam penilaian oleh dewan juri selain dari kecepatan dan ketepatan" katanya. 

Peserta Jambore Kebencanaan adalah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Pembukaan Jambore Kebencanaan dibuka Bapak Pj Gubernur Banten Al Muktabar dengan melepas rangkaian balon gas ke udara.

Baca juga: Pemkab Serang terima penghargaan dari PMI Pusat
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024