Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Banten mengajak masyarakat untuk menjalani pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 dengan penuh kegembiraan agar tetap terjalin hubungan harmonis meski berbeda pilihan.

“Beda pilihan itu adalah hal yang biasa, namun yang paling penting adalah menjaga persatuan dan persaudaraan untuk kemajuan Kota Tangerang. Ayo kita wujudkan transisi pemerintahan Kota Tangerang yang terjaga dengan baik tanpa gejolak yang berarti,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Deni Koswara dalam keterangannya di Tangerang, Selasa.

Ia menuturkan saat ini pilkada Kota Tangerang telah siap memasuki masa kampanye setelah KPU setempat menyelesaikan penetapan calon dan pengundian nomor urut.

Baca juga: KPU Kota Tangerang tuntaskan penetapan nomor urut calon Pilkada 2024

Selanjutnya, masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam pilkada dengan memberikan dukungan kepada calon yang dipilih dan tetap menjaga kondusifitas.

"Mari sukseskan Pilkada di Kota Tangerang dengan tetap menjaga kedamaian dan kondusifitas. Karena semua untuk kemajuan Kota Tangerang," katanya menambahkan.

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Teknis Rustana Hasan mengatakan pada hari ini dilaksanakan deklarasi kampanye damai oleh seluruh pasangan calon dan partai pengusung sebelum masa kampanye dimulai.

"Deklarasi kampanye damai hari ini di lapangan Ahmad Yani untuk memastikan dan meneguhkan komitmen pasangan calon dalam pelaksanaan kampanye berlangsung secara aman dan damai,” kata dia.

Baca juga: KPU Kota Tangerang tetapkan lokasi pemasangan alat peraga kampanye

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah mengatakan Pilkada Kota Tangerang diikuti tiga pasangan yakni Faldo Maldini-Fadlin Akbar dengan nomor urut satu, Ahmad Amarullah-Bonnie Mudfizar nomor urut dua dan pasangan Sachrudin-Maryono nomor urut tiga.

KPU Kota Tangerang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024 sebanyak sebanyak 1.377.828 pemilih dengan rincian 683.243 orang pemilih laki - laki dan 694.585 orang pemilih perempuan.

Sementara itu jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada 2.706 yang tersebar di 13 Kecamatan atau 14 Kelurahan, dengan TPS khusus di lima Lapas.

Adapun jadwal dan proses tahapan Pilkada 2024 yakni 25 September 2024 hingga 23 November 2024 pelaksanaan kampanye. 27 November 2024 pelaksanaan pemungutan suara dan dilanjutkan Perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara hingga 16 Desember 2024.

Baca juga: Calon wali kota Tangerang harap tak ada pengerahan ASN selama kampanye

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024