Calon Wali Kota Tangerang nomor urut dua, Ahmad Amarullah berharap selama kampanye tidak ada pengerahan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung salah satu calon agar Pilkada 2024 berjalan dengan lancar.

Ia juga meminta kepada KPU dan Bawaslu menjaga komitmennya dalam menjalankan tugas hingga akhir sehingga proses pilkada berlangsung jujur dan adil.

"Kita ingin agar tercipta Pilkada yang bermartabat. Kepada KPU dan Bawaslu agar tetap menjaga profesionalnya. Lalu yang punya kekuasaan agar tidak menggiring aparatur di kecamatan, kelurahan maupun dinas terlibat dalam politik. Tetap jaga netralitas," kata Amarullah usai pengundian dan penetapan nomor urut di kantor KPU Kota Tangerang, Senin.

Ia menuturkan, pengawasan saat pilkada tak hanya dilakukan oleh petugas tetapi juga masyarakat luas dengan media sosial maupun lainnya.

Maka itu, ia mengajak ketiga pasangan calon untuk memberikan gagasan terbaik kepada masyarakat dalam menentukan pilihannya pada pemungutan suara nanti. "Semoga tak ada gerakan politik praktis. Kita sampaikan gagasan terbaik," kata Amarullah.

Baca juga: KPU Kota Tangerang tuntaskan penetapan nomor urut calon Pilkada 2024

Sementara itu, calon Wakil Wali kota Tangerang Bonnie Mudfizar berharap kampanye yang sudah siap dilaksanakan dapat berjalan dengan damai dan lancar. "Nomor dua, peace," katanya.

Perlu diketahui Pilkada Kota Tangerang diikuti tiga pasangan calon yakni Faldo Maldini-Fadlin Akbar dengan nomor urut satu, Ahmad Amarullah-Bonnie Mudfizar nomor urut dua dan pasangan Sachrudin-Maryono nomor urut tiga.

KPU Kota Tangerang telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024 sebanyak sebanyak 1.377.828 pemilih dengan rincian 683.243 orang pemilih laki-laki dan 694.585 orang pemilih perempuan.

Sementara itu jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada 2.706 yang tersebar di 13 Kecamatan atau 14 Kelurahan, dengan TPS khusus di lima Lapas.

Jadwal dan proses tahapan Pilkada 2024 serentak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 mengenai pemilihan gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota 2024 untuk penetapan pasangan calon yakni 22 September 2024. 

Kemudian di 25 September 2024 hingga 23 November 2024 pelaksanaan kampanye. 27 November 2024 pelaksanaan pemungutan suara dan dilanjutkan Perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara hingga 16 Desember 2024.

Baca juga: Faldo Maldini datangi setiap rumah dengarkan masukan masyarakat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024