Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak terus mensosialisasikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) ke semua lapisan masyarakat demi suksesnya pemilihan gubernur dan wakil gubernur Banten serta bupati dan wakil bupati Lebak yang dilaksanakan serentak 27 November 2024.
 
"Kita selalu menyosialisasikan saat kegiatan pertemuan ormas maupun forum agar Pilkada damai, karena pilkada itu kebutuhan kita semua," kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Lebak H Sukanta di Rangkasbitung, Lebak, Senin.

Menurut dia, pihaknya selalu mengingatkan semua pihak dan unsur agar bersama-sama bagaimana menyukseskan Pilkada yang aman, nyaman dan damai. 
 
Artinya, lanjut dia, jangan sampai Pilkada tersebut menimbulkan konflik dan perpecahan, karena perbedaan pilihan calon, partai dan warna.

Baca juga: KPU tetapkan tiga pasangan cabup-cawabup Pilkada Lebak
 
Selama ini, kata dia, nilai-nilai kerukunan berjalan baik sehingga jangan sampai berdampak rusaknya kerukunan tersebut.
 
"Kita selalu mengingatkan agar pilkada itu aman dan damai serta tidak menimbulkan "chaos" politik," kata Sukanta menambahkan.
 
Menurut dia, Pilkada gubernur dan wakil gubernur Banten serta bupati dan wakil bupati Lebak dapat menyenangkan dan tidak menimbulkan perpecahan.
 
Pasangan calon kepala daerah boleh adu program, adu konsep, namun tidak boleh berujar kebencian dan kampanye yang berbau SARA (suku agama ras dan antargolongan).
 
 
Selain itu juga komitmen para calon pasangan kepala daerah siap menerima kemenangan dan kekalahan.
 
"Kami berharap Pilkada itu dapat melahirkan pemimpin baru yang membawa kehidupan masyarakat lebih baik untuk lima tahun ke depan," katanya.
 
Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) 1 Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak, Alkadri mengatakan pemerintah daerah mendukung pelaksanaan Pilkada berjalan aman, lancar dan damai.
 
"Siapaun calon pasangan kepala daerah baik bupati dan wakil bupati juga gubernur dan wakil gubernur Banten yang terpilih nanti semua mendukungnya. Kita berharap calon pasangan terpilih nanti tidak ada perbedaan maupun perselisihan, sehingga kondusif dan damai," kata Alkadri.

Baca juga: 28 kecamatan di Lebak rawan konflik pada Pilkada 2024

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024