Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menargetkan peringkat ketiga pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten ke-XXI yang dilaksanakan di Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, 23-27 Juli 2024.
 
"Kami optimistis kafilah dari Lebak meraih juara ketiga pada MTQ tingkat Provinsi Banten ke XXI," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemkab Lebak Iyan Fitriyani di Rangkasbitung, Lebak, Rabu.
 
Pihaknya mengoptimalkan pembinaan kafilah hingga empat kali untuk mencapai target tersebut, sesuai dengan masing-masing cabang MTQ yang diperlombakan guna mengasah kemampuan para kafilah.
 
Kabupaten Lebak pada perlombaan MTQ tingkat Banten ke XXI mengirimkan 15 pembina dan 12 staf (official). Sedangkan jumlah kafilah sebanyak 60 orang dari 10 cabang MTQ yang diperlombakan.
 
"Kami minta kafilah Lebak berjuang untuk meraih prestasi yang ditargetkan juara tiga itu," kata Iyan.

Baca juga: Harapan Wali Kota Tangerang pada kafilah saat tampil di MTQ Banten
 
Menurut dia, lawan yang cukup berat pada MTQ ke XXI Banten adalah kafilah Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang.
 
Pihaknya menargetkan juara ketiga itu pada semua cabang tilawah Quran, tahfidz Quran, tafsir Quran, fahmi Quran, khat Quran, hifdz hadist, qiraatul Kutub, syarh Quran, dan Musabaqah Makalah Quran (MMQ).
 
"Kami berharap kafilah Lebak membawa harum nama daerah dengan meraih peringkat ketiga itu," katanya.
 
Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lebak KH Pupu Mahpudin mengatakan pihaknya selama empat kali melakukan pembinaan terhadap para qari dan qariah dengan fokus peningkatan kualitas agar mampu bersaing dengan perwakilan daerah lain di Banten.
 
"Jangan sampai terulang lagi pada MTQ Banten tahun 2023, juara ketujuh," katanya.

Baca juga: Pemkab Tangerang lepas 64 peserta ikuti MTQ ke-21 tingkat provinsi

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024