Kepolisian Resor Lebak Provinsi Banten melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mendukung produksi pangan dalam upaya memenuhi ketersediaan pangan masyarakat.
 
"Kita mendukung ketahanan pangan untuk mewujudkan swasembada pangan," kata Kapolres Lebak AKBP Suyono pada peringatan HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024 di Rangkasbitung, Lebak, Senin.
 
Dia menjelaskan, Kepolisian komitmen untuk mendukung kedaulatan pangan dengan berbagai kegiatan untuk menopang percepatan perekonomian untuk mempersiapkan Generasi Emas.
 
Para petugas Bhabinkamtibmas di lapangan, katanya, berinovasi untuk mendorong peningkatan produksi pangan di antaranya dengan memberikan bantuan benih kepada kelompok-kelompok petani.
 
Selain itu petugas juga mengawal pada bidang pertanian agar dapat meningkatkan produksi pangan.

Baca juga: Polda Banten dan para ulama gelar istighosah bersama
 
Pengawalan itu misalnya jika petani kesulitan dalam hal benih maupun pupuk, nantinya Bhabinkamtibmas melaporkan kepada instansi terkait untuk ditindaklanjuti.
 
"Kami bergerak cepat untuk menindaklanjuti jika ada kesulitan petani, agar terpenuhi sarana produksi sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan," katanya.

Menurut dia, saat ini, petugas Bhabinkamtibmas juga telah berhasil mengelola pemanfaatan sampah menjadi pupuk kompos di Kecamatan Warunggunung.
 
Bahkan, para kelompok tani merasa terbantu dengan pupuk kompos tersebut untuk pertanian tanaman pangan.
 
Mereka petugas mengembangkan okulasi atau perkawinan silang berbagai benih hortikultura di Kecamatan Sobang.

Baca juga: Hari Bhayangkara ke ke-78, Polda Banten ziarah di TMP Ciceri
 
Para petani di daerah itu tentu merasa terbantu dengan adanya okulasi benih unggul, seperti durian,rambutan dan manggah.
 
"Kami mendorong petugas Bhabinkamtibmas berinovasi untuk kedaulatan pangan dan mempercepat ekonomi masyarakat sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan," kata Suyono.
 
Pihaknya juga mendukung pembangunan nasional dengan memberikan pengawalan kepada para investor di daerahnya agar kondusif.
 
Sebab, investor dapat menyerap lapangan pekerjaan masyarakat karena itu perlu pengawalan dan pengamanan.
 
Selain itu petugas juga ikut membantu mengendalikan inflasi dengan melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar.
 
"Kami yakin jika ketersediaan angan terpenuhi dan ekonomi baik, maka terjamin keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Suyono.

Baca juga: Gubernur Banten apresiasi dedikasi Polri dalam menjaga Kamtibmas

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024