Relawan Forum Rangkasbitung menyediakan aneka buku secara gratis di sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Lebak, Banten guna membudayakan gemar membaca di kalangan masyarakat dan pelajar.
 
Ketua Relawan Forum Rangkasbitung Membaca Delasyahma di Lebak Minggu mengatakan, pihaknya sejak dua tahun terakhir menyediakan aneka buku gratis dengan sistem digelar menggunakan tikar di lokasi kegiatan "car free day" atau hari bebas kendaraan bermotor di Alun-Alun Multatuli setiap hari Minggu.
 
Pada kegiatan hari bebas kendaraan bermotor dipastikan banyak kalangan anak-anak pelajar tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).
 
Para pelajar itu dapat memanfaatkan waktu untuk membaca aneka buku, seperti buku dongeng, sejarah , pengembangan diri, keterampilan, destinasi wisata, kuliner juga ada yang mewarnai gambar.

Baca juga: Relawan Forum Rangkasbitung Membaca sediakan taman buku gratis
 
Selain itu pihaknya setiap hari Kamis juga menggelar buku di lokasi di kafe sudut kota dan hari Sabtu di kafe partikel kopi kawasan wisata Ranca Lintah Rangkasbitung.
 
Namun, penyediaan buku di kafe itu di antaranya buku ekonomi, sejarah, politik, pengembangan diri, agama, hukum, dan lainnya.
 
Selain itu juga di tempat tinggalnya di Perumahan Narimbang Rangkasbitung dengan membuka warung buku.
 
"Kami menyediakan buku-buku itu agar kalangan masyarakat dan pelajar dapat membudayakan gemar membaca," katanya menjelaskan.

Baca juga: Wisata Rangga Wulung Keramat Cokel Lebak tumbuhkan ekonomi perdesaan
 
Menurut dia, selama ini minat membaca untuk di kawasan "car fre day" di Alun-alun Multatuli cukup banyak khususnya pelajar hingga mencapai 50-60 orang.
 
Tetapi, katanya, untuk remaja dan dewasa yang disediakan buku di kafe relatif rendah minat membaca berkisar antara 5-8 orang.
 
Kendati demikian, pihaknya tetap berjuang untuk menyediakan buku-buku gratis agar masyarakat dan pelajar dapat membudayakan gemar membaca.
 
Kelebihan orang gemar membaca itu dipastikan dapat meningkatkan keterampilan, wacana  berpikir, pengetahuan lebih luas, dan mendukung indeks pembangunan manusia.
 
Karena itu, dirinya kini memiliki koleksi buku sebanyak 1.500 eksemplar dengan judul beragam.
 
"Kami menyediakan buku aneka bacaan gratis, itu dari dana pribadi juga ada donasi," katanya.

Baca juga: Pemkab Lebak terapkan PPDB 2024 jenjang SMP secara manual
 
Eha Julaeha, seorang pelajar SMP di Rangkasbitung mengaku dirinya setiap akhir pekan ke alun-alun Multatuli untuk membaca aneka buku yang disediakan oleh Relawan Forum Rangkasbitung Membaca secara gratis.
 
Ia menyukai buku sejarah dan dongeng hingga membaca sejak pagi sampai siang hari.
 
"Kami sangat terima kasih adanya bacaan buku gratis yang disediakan oleh Relawan Forum Rangkasbitung Membaca itu," katanya.
 
Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi relawan Forum Rangkasbitung Membaca yang menyediakan buku-buku yang bertujuan untuk membangun budaya gemar membaca di kalangan masyarakat dan pelajar tentu pekerjaan mulya .
 
Pemerintah daerah cukup besar memperhatikan untuk mendorong gemar membaca dengan menerbitkan instruksi Bupati Nomor: 41 Tahun 2018 tentang pembangunan sarana dan prasarana membaca di sudut-sudut area publik.
 
"Kami minta semua OPD di lingkungan pemerintah membuat sarana dan prasarana sudut membaca guna membudayakan gemar membaca itu," katanya.

Baca juga: MUI Lebak minta semua pihak cegah anak terlibat judi online

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024