Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten meluncurkan mobil Wasgakum untuk memudahkan kegiatan pengawasan aktivitas pelaku usaha dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Kepala DLH Kota Tangerang Wawan Fauzi di Tangerang, Sabtu, mengatakan mobil Wasgakum merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemkot Tangerang dalam upaya pemantauan pelaku usaha terkait implementasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang menjadi kewajibannya.

“Dengan tersedianya mobil Wasgakum, diharapkan dapat memudahkan dalam melaksanakan pengawasan, sehingga meningkatkan ketaatan dan kesadaran pelaku usaha atau kegiatan untuk mentaati peraturan undang-undang, serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di sekitarnya,” kata Wawan.

Baca juga: DLH Kota Tangerang ingatkan 30 pelaku usaha perbaiki pengelolaan limbah B3

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang memberikan peringatan kepada 30 pelaku usaha atau perusahaan yang telah mendapatkan sanksi administratif bidang lingkungan untuk melakukan perbaikan pengelolaan dan limbah B3.

"30 pelaku usaha atau perwakilan dari perusahaan tersebut berasal dari bidang manufaktur, perdagangan, jasa, dan perusahaan kesehatan," kata Wawan.

DLH, lanjut Wawan, juga mengajak masyarakat hadir di tugu Adipura hari Minggu (23/6) pada acara car free day dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan.

Pada kegiatan tersebut, akan dilaksanakan penanaman pohon, pameran lingkungan, uji emisi, penyerahan penghargaan, pelayanan terpadu hingga stan UMKM.

“Selain itu, akan dimeriahkan dengan kegiatan senam bersama dan peluncuran mobil Wasgakum,” katanya.

Baca juga: Pemkab Serang tanam 1.000 pohon di lahan kritis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024