Persatuan Islam (Persis) Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Banten mendistribusikan 706 kantong daging kurban kepada mustahik atau penerima terdiri dari jamaah, warga sekitar Masjid Al Purqon hingga keluarga miskin.
 
"Pendistribusian daging kurban itu untuk membangun rasa kepedulian dan saling membantu sesama manusia serta tolong menolong," kata Ketua Panitia Pengurus Wilayah Persis Rangkasbitung Kabupaten Lebak Irwan di Lebak, Senin.
 
Penyembelihan hewan kurban tahun 2024 meningkat hingga empat ekor kerbau dan dua ekor domba, sedangkan tahun sebelumnya hanya tiga ekor kerbau.
 
Hewan kerbau dan domba yang disembelih itu dari jamaah Persis Rangkasbitung untuk ibadah kurban sebagai perintah Allah SWT.

Baca juga: Khatib: Nabi Ibrahim patut jadi contoh ketakwaan kepada Allah
 
Peristiwa kurban itu sebagaimana perintah Allah SWT yang ditujukan kepada Nabi Ibrahim melalui mimpi untuk menyembelih putranya Ismail As.
 
Namun, atas perintah Allah SWT itu maka Ibrahim ikhlas dan rela untuk melakukan penyembelihan kepada putranya, namun berkat mukzijat akhirnya Ismail diganti dengan seekor domba.
 
Dengan demikian, ujar dia, para jamaah Persis Lebak setiap tahun melaksanakan penyembelihan hewan kurban dan dibagikan kepada kaum mustahik.
 
"Alhamdulillah, hewan kurban itu mulai penyembelihan dan pendistribusian ke lima kecamatan antara lain Rangkasbitung, Cibadak, Maja, Kalanganyar dan Warunggunung berjalan lancar," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, Budiman (58) warga Kalanganyar Kabupaten Lebak mengatakan dirinya bersyukur menerima daging kerbau dari Persis Rangkasbitung, karena di tempat tinggalnya tidak ada warga yang menyembelih hewan kurban.
 
"Kami sangat senang bisa mengkonsumsi daging kerbau itu untuk menambah gizi," kata Budiman.

Baca juga: Disnakeswan Lebak jamin hewan untuk kurban dalam kondisi sehat

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024