Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten  mencatat transaksi penjualan selama pameran Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest 2024 di Bintaro, Tangerang Selatan mencapai Rp13,5 miliar.
 
Kepala BI Banten Ameriza Ma’aruf Moesa di Tangerang, Minggu, mengatakan tercapainnya target transaksi karena tingginya antusias masyarakat dalam berkunjung pada kegiatan KKB yang dalam satu hari tercatat 55.800 orang.
 
"Kita berhasil mencapai transaksi sebagaimana telah ditargetkan selama lima hari ini bisa tercapai Rp13,5 miliar dari target Rp13 miliar," katanya. 

Baca juga: BI dorong UMKM naik kelas lalui Karya Kreatif Banten
 
Kegiatan KKB dan Digiwara Fun Fest 2024 sukses menyita ribuan masyarakat untuk berpartisipasi meramaikan pameran UMKM diantaranya kegiatan edukasi UMKM maupun edukasi terkait dengan digitalisasi diikuti oleh sekitar 1.723 orang, sementara untuk peserta lomba-lomba tercatat sebanyak 932 orang. 
 
"Lewat kegiatan ini, kami berharap dapat mendorong UMKM mampu naik kelas, serta mendorong pemerintah untuk menerapkan transaksi digital secara maksimal," katanya. 
 
BI Banten memiliki 500 UMKM binaan. Dari 500 UMKM binaan tersebut 85 UMKM diantaranya turut hadir dalam kegiatan KKB yang berlangsung mulai dari tanggal 5-9 Juni. 
 
85 tenant UMKM tersebut terdiri dari beragam produk, mulai dari panganan, fashion, hingga kopi yang menjadi unggulan. 

Baca juga: BI Banten dorong peningkatan IPM dengan peningkatan literasi baca
 
Sementara itu, Pejabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan UMKM Banten diharapkan dapat lebih menyadari dalam menangkap peluang dengan memanfaatkan platform digital untuk memperluas akses pasar dan peningkatan kapasitas baik dari sisi UMKM dan pariwisata. 
 
"Pentingnya digitalisasi seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali digitalisasi transaksi pemerintah daerah. Dengan digitalisasi transaksi pemerintah daerah dapat mendukung pengembangan perekonomian Provinsi Banten," katanya.

Baca juga: BI Banten dukung desainer lokal menuju Karya Kreatif Banten 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024