Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) salah satunya dengan peningkatan literasi baca melalui perpustakaan. 
 
Deputi Kepala KPw BI Provinsi Banten Hario Kartiko Pamungkas, di Serang, Senin, mengatakan saat ini BI Banten memiliki 16 sudut bacaan yang tersebar di seluruh wilayah Banten, baik di perguruan tinggi, SMA hingga pondok pesantren. 
 
"Pembangunan IPM harus sejalan dengan perkembangan industri yang dibutuhkan mengikuti perkembangan zaman," katanya. 

Baca juga: BI Banten dukung desainer lokal menuju Karya Kreatif Banten 2024
 
Sektor industri yang mendominasi pertumbuhan ekonomi di Banten harus ditopang oleh sumber daya manusia (SDM) yang memadai. 
 
"Banten merupakan kawasan industri dimana ada yang padat karya dan padat modal. Jika padat karya tentu kompetisi harus baik, supaya ada link and macth sesuai dengan kebutuhan pembangunan," katanya. 
 
Peningkatan literasi juga harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni mulai dari tingkat keluarga, sampai nantinya pada tingkatan pemerintah harus turut berkolaborasi meningkatkan literasi. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023 IPM Banten berada di level 75,77 poin naik 0,52 poin dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 75,25 poin. 

Baca juga: Tingkatkan literasi masyarakat, Pemkab Tangerang gelar pameran buku
 
Sementara itu, Plt Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Aminudin Aziz mengatakan beberapa strategi yang dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat terhadap perpustakaan diantaranya dengan menjadikan perpustakaan sebagai wahana atau tempat tumbuhnya kreativitas. 
 
Pihaknya juga akan melakukan identifikasi terhadap masalah rendahnya budaya membaca, literasi dan saranan yang diberikan oleh perpustakaan. 
 
"Kami juga akan mensosialisasikan arah baru kebijakan hasil penataan kepada para pemangku kepentingan di internal maupun eksternal perpustakaan," katanya. 

Baca juga: Alun-alun Cibodas Tangerang kini disediakan spot baca digital
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024